Firman Agus-Budi Satria pimpin AMSI Riau periode 2023-2027

id Amsi riau, amsi, konferwil amsi

Firman Agus-Budi Satria pimpin AMSI Riau periode 2023-2027

Pimpinan Sidang Konferwil III AMSI Riau Mario A Khoir (tiga kiri) berjabatan dengan Ketua AMSI terpilih Firman Agus didampingi Budi Satria. Tampak pula pimpinan sidang lainnya Riski Maruto (dua kanan), Waketum AMSI Upi Asmaradhana (kiri) dan Koordinator AMSI wilayah Sumatera M Zuhri (kanan). (ANTARA/dok)

Firman Agus merupakan mantan Ketua AJI Pekanbaru, sedangkan Budi Satria merupakan aktivis di PWI Riau,
Pekanbaru (ANTARA) - Pasangan Firman Agus dan Budi Satria terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dan Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau periode 2023-2027 dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) III di Pekanbaru, Sabtu.

Konferwil II AMSI Riau 2023 ini turut dihadiri Wakil Ketua Umum AMSI Upi Asmaradhana, Koordinator AMSI Wilayah Sumatera Muhammas Zuhri, serta 11 anggota AMSI Riau yang juga merupakan pimpinan media.

Sebelas media yang merupakan anggota AMSI Riau itu yakni, Goriau.com, Riaupos.co, Bertuahpos, Cakaplah.com, Riauterkini.com, Halloriau.com Tribunpekanbaru.com, Antara Riau, Potretnews.com Riauonline.co.id, dan Riau1.com.

Dalam Konferwil III AMSI Riau, Upi Asmaradana, berharap agar ketua atau pengurus yang terpilih dalam dapat mengakomodir semua stakeholder yang ada di Riau.

"Kemudian mampu membangun sebuah ekosistem digital di anggota-anggotanya, sehingga bisa memperkuat eksistensi perusahaan-perusahaan media di Riau selain internal," ujar Upi.

Ia juga berharap dengan proses Konferwil ini ada semacam review kembali apa-apa saja yang telah dikerjakan selama ini oleh teman-teman AMSI Riau. Mungkin saja ada program yang bisa dibuat untuk menjawab tantangan-tantangan di daerah dan juga tantangan perkembangan platform digital secara global.

Menurutnya, AMSI Riau adalah salah satu wilayah yang cukup berkembang dibanding pengurus AMSI lainnya. "Kita berharap apa yang selama ini dikerjakan dapat ditingkatkan lagi. Sehingga, eksistensi dan peranan AMSI Riau itu bisa lebih baik ke depan," harapnya.

Ia juga berharap anggota AMSI Riau mampu bertambah sehingga makin melebarkan sayapnya di Bumi Lancang Kuning ini namun tentu dengan mekanisme yang sesuai.

Sementara itu, Ketua demisioner AMSI Riau Ahmad S Udimengatakan AMSI sudah menjadi salah satu organisasi perusahaan media dan juga konstituen Dewan Pers yang eksistensinya semakin diakui oleh masyarakat.

"Dengan capaian ini, tentu saya berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung AMSIRiau, hingga organisasi kami seperti ini dan dikenal masyarakat," ujar Ahmad.

Ia pun berharap, siapapun nanti yang terpilih sebagai ketua AMSI Wilayah Riau periode 2023-2027, bisa bersinergi. "Saya yakin siapapun mereka pasti punya kapasitas untuk memajukan organisasi ini," sebutnya.

Terkait tantangan dan harapan tersebut, Ketua AMSI Riau Terpilih Firman Agus mengatakan, akan menjalankan amanah tersebut dengan baik.

"Sekarang ini hanya soal siapa yang tanda tangan di atas kertas mewakili AMSI, sementara untuk tugas-tugas pasti harus dikerjakan bersama," ujar Firman didampingi Budi Satria selaku Sekretaris AMSI Riau terpilih.

Firman Agus yang merupakan Pemred di Riaupos.co ini juga merupakan mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, sedangkan Budi Satria merupakan aktivis di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau yang juga Pemred Halloriau.com

"Dengan komposisi ini diharapkan AMSI Riau makin berkembang dan diperhitungkan," kata Koordinator AMSI wilayah Sumatera M Zuhri.