Melihat kunjungan AMSI Riau ke Yogyakarta

id amsi riau,amsi

Melihat kunjungan AMSI Riau ke Yogyakarta

Kunjungan AMSI Riau ke Harian Jogya pada Kamis (27/7). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau memperdalam ilmu di bidang dunia digital ke Daerah Istimewa Yogyakarta pada 27-28 Juli dengan mengunjungi sejumlah perusahaan media dan asosiasi.

Ketua AMSI Riau Ahmad S Udi dalam siaran persnya di Pekanbaru, Senin (31/7), mengatakan perkembangan dan perubahan model bisnis media sangat cepat dan beragam. "Karena itu, kami harus terus belajar. Terutama pada media-media digital di daerah lain yang terbukti berhasil memilih dan menerapkan model bisnisnya," ujar Ahmad.

Kunjungan AMSI Riau ke Harian Jogya pada Kamis (27/7). (ANTARA/dok)


Pada hari pertama, Kamis (26/7), setelah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta, rombongan yang terdiri dari sebagian besar pengurus AMSI langsung bertolak ke Kantor Redaksi Harian Yogya yang juga Sekretariat AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ahmad dan teman-teman disambut Pemimpin Redaksi Harian Yogya yang juga Ketua AMSI Yogyakarta Anton Wahyu Prihatono dan beberapa pengurus lainnya.

Sekitar dua jam diskusi digelar. Rombongan AMSI Riau mendapat sejumlah pengalaman baru pola bisnis media digital yang diterapkan Harian Jogjakarta.com dan media anggota AMSI Yogya lainnya, seperti mojok.co dan Suarayogya.com.

Kunjungan AMSI Riau ke TribunJogya pada Jumat (28/7). (ANTARA/dok)


Dari perbincangan itu, selain iklan/advertorial langsung, pendapatan bisnis media bisa didapat dari pembuatan film pesan positif instansi atau perusahaan swasta, serta pengatur acara.

"Sudah beberapa kali kami membuat film pendek untuk instansi pemerintah. Seperti dari Kesbangpol. Kami juga menyunting dan mencetak majalah dinas tertentu dari kabupaten tertentu," jelas Anton.

Meskipun belum signifikan, namun pemasukan dari kegiatan bisnis model baru ini, menurut Anton sangat membantu menopang kinerja bisnis perusahaan media yang belakangan terus meredup.

Kunjungan AMSI Riau ke Tribun Jogya pada Jumat (28/7). (ANTARA/dok)


Selanjutnya pada hari kedua, Jumat (28/7) rombongan pengurus AMSI belajar ke Kantor Redaksi Tribun Yogya. Pemimpin Redaksi Ribut Raharjo menerima kunjungan tersebut dengan penanggung jawab konten digital Ikrob.

Dalam pertemuan tersebut, media-media anggota AMSI Riau mendapat gambaran baru mengenai pentingnya memandaatkan media sosial untuk eksistensi bisnis media digital.

Kunjungan AMSI Riau di studio Tribun Jogya pada Jumat (28/7). (ANTARA/dok)
Kunjungan AMSI Riau di studio Tribun Jogya pada Jumat (28/7). (ANTARA/dok)
Kunjungan AMSI Riau di studio Tribun Jogya pada Jumat (28/7). (ANTARA/dok)


"Tapi untuk eksis dan menghasilkan harus terus berinovasi. Tidak bisa satu model bertahan dalam waktu lama. Selalu perlu inovasi untuk bisa menjaga keberlangsungan kunjungan," saran Ribut Raharjo.

Selain mendapat gambaran lisan dan grafik, rombongan juga berkesempatan mengunjungi dua studio digital Tribun Yogya. Studio tersebut kerap dijadikan untuk siaran tunda atau siniar (podcast).

Dari dua hari kunjungan belajar, Ahmad yakin anggota AMSI mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis media digital di Riau. (Gallery)