Konsistensi AMSI Riau pulihkan ekosistem bisnis media, Ketua DPRD: Kita sejalan

id Amsi riau, dprd riau

Konsistensi AMSI Riau pulihkan ekosistem bisnis media, Ketua DPRD: Kita sejalan

Suasana diskusi pengurus AMSI dengan Ketua DPRD Riau. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau menggelar pertemuan dengan Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman yang didampingi Kabag Umum DPRD Riau T Ikhsan di ruang kerja Ketua DPRD, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, Ketua AMSI Riau Ahmad S Udimenjelaskan bahwa pertumbuhan media siber, terutama di Riau sangat pesat, mencapai seribu lebih. Namun jumlah yang banyak tersebut tidak diiringi dengan pertanggungjawaban isi berita dan juga kualitas wartawan serta produk jurnalistiknya.

"Selain banyak yang tidak bisa mempertanggungjawabkan berita yang dibuat dan disebar, juga banyak mengandung unsur fitnah. Sebab itu, kami dari pengurus AMSI Riau memiliki tanggung jawab untuk menyelamatkan bisnis usaha kami dengan memperbaiki sistem media ini," papar Ahmad S Udi.

Kemudian, sambung dia, road show yang dilakukan AMSI Riau adalah untuk mengkampanyekan iklim bisnis media agar jauh lebih sehat, bukan membatasi peran media siber, tapi bagaimana pengelola bertanggungjawab dengan informasi yang disebarkan.

"Kami ingin memulihkan kembali ekosistem bisnis media. Juga tidak sedikit pemerasan atas nama wartawan. Itu sangat buruk bagi bisnis media. Kami AMSI Riau ingin berperan perbaiki itu semua," tutur dia lagi.

Menanggapi semangat yang dibawa pengurus AMSI Riau tersebut, ketua DPRDYulisman mengaku menyambut baik dan akan mendukung penuh komitmen AMSI, agar ke depan pemberitaan yang tersebar luas di tengah masyarakat tidak melenceng dari kode etik jurnalistik.

"Di era demokrasi ini, tentu semua masyarakat dari semua profesi punya hak yang sama. Kita juga mendukung penuh bagaimana pers sebagai salah satu stakeholder yang merupakan fungsi kontrol bagi terselenggaranya proses kehidupan demokrasi, tapi itu semua tentu harus diatur," ujar Yulisman.

Baca juga: Semangat Bupati Meranti dukung AMSI Riau perbaiki ekosistem bisnis media

AMSI sebagai wadah berhimpunnya perusahaan-perusahaan pers, sambung Yulisman, harus memberikan yang terbaik, sehingga tujuan demokrasi, semangat reformasi itu tetap terjaga.

"Sepengetahuan saya, sejauh ini media yang tergabung di AMSI Riau adalah media-media siber yang punya reputasi yang baik juga menjaga semangat demokrasi, dan referensi utama bagi masyarakat Riau. Konsistensi ini harus tetap dipertahankan. Kami di DPRD Riau akan seiring sejalan dengan AMSI agar bagaimana pers kita jalankan fungsinya, namun juga tetap eksis," tukasnya.

Seperti diketahui, media siber yang tergabung dalam AMSI Riau yakni, Riau1.com , Riauterkini.com, Halloriau.com, Goriau.com, Potretnews.com, riau.antaranews.com, Cakaplah.com, Riaupos.co, Riauonlien.co.id, Tribune Pekanbaru.com, dan Bertuahpos.com.

Baca juga: AMSI bangun sinergi ekosistem media dengan Bea Cukai Riau