Coklit data pemilih 9 kecamatan di Meranti rampung

id Pantarlih Meranti ,KPU Meranti ,Coklit data pemilih

Coklit data pemilih 9 kecamatan di Meranti rampung

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Katmuji. (ANTARA/Dok)

Selatpanjang (ANTARA) - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sembilan kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) telah rampung.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Katmuji menyebutkan, Pantarlih melakukan coklit data pemilih mulai 12 Februari 2023 lalu dan berakhir pada 14 Maret 2023. Ada 101 Pantarlih yang melakukan tugasnya yang tersebar 9 kecamatan.

"Coklit sudah 100 persen rampung. Sebelumnya, dua kecamatan telah tuntas lebih awal yaitu, Kecamatan Tebingtinggi Timur dan Rangsang Barat," ujar Katmuji saat dikonfirmasi melalui gawainya, Kamis.

Meski sudah rampung, sambung Katmuji, pendataan pemilih oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih berjalan. Karena dalam penyusunan daftar pemilih Pemilu 2024, nantinya akan ditemukan data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan data pemilih baru.

"Pendataannya masih berjalan di tingkat PPS. Di sana akan ditemukan data TMS dan pemilih baru. Kalau sudah final nanti kita informasi lagi berapa rinciannya hingga nanti dilakukan pleno," bebernya.

Ia juga menuturkan, Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dilakukan pada 5 April 2023 mendatang. "Kalau untuk Rekapitulasi dan Pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilakukan mulai 22 Juni 2023 hingga 14 Februari 2024," tambahnya.

Untuk diketahui, di Kepulauan Meranti, Pantarlih melakukan coklit sebanyak 155.194 pemilih yang tertuang di dalam DP4 hasil sinkronisasi daftar pemilih berkelanjutan (DPB). Jumlah ini tersebar di sembilan kecamatan, 96 desa 5 kelurahan dan 707 TPS.