Populasi Sapi Di Dumai Lima Ribuan Ekor

id populasi sapi, di dumai, lima ribuan ekor

Populasi Sapi Di Dumai Lima Ribuan Ekor

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Kota Dumai, Riau mencatat populasi hewan ternak sapi selama 2013 sekitar lima ribuan ekor.

Kepala Disnakanla Dumai Syafrizal, Sabtu mengatakan, pertumbuhan populasi hewan sapi itu diusahakan oleh ratusan kelompok peternak yang tersebar di tujuh kecamatan dan telah terdaftar serta mendapat pembinaan dari pemerintah.

"Populasi sapi merupakan hasil dari perguliran sapi bantuan pemerintah kepada peternak yang telah dilakukan sejak 2006 lalu hingga sekarang," ujar Syafrizal.

Syafrizal menambahkan, bentuk pembinaan diberikan pemerintah kepada para peternak, menyalurkan bantuan sapi bali yang didatangkan dari Provinsi Lampung, serta menempatkan tenaga pendamping peternak dan pengawas kesehatan.

"Kita memberikan pembinaan dan penyuluhan kepara para peternak dengan 14 tenaga pendamping, dan ditambah dengan sejumlah petugas pengawas kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan ternak," tutur Syafrizal.

Kinerja setahun lalu, sebutnya, sedikitnya telah menyalurkan ratusan ekor hewan sapi dan kambing bantuan pemerintah bersumber dari pembiayaan APBN dan APBD Riau.

Dari kegiatan peternakan ini, Syafrizal menyatakan, telah mengangkat perekonomian hidup peternak sehingga bidang pembudidayaan ternak ini turut berperan dalam menekan kemiskinan dan pengangguran.

Syafrizal menambahkan, untuk populasi hewan kambing yang juga digulirkan ke sejumlah peternak, saat ini pertumbuhannya dalam setahun mencapai sekitar empat ribuan ekor.

"Sebagai percontohan peternakan sapi, kita saat ini telah membentuk lokasi ternak dan produksi sapi yang kini telah berhasil memproduksi susu perah meskipun volume kecil untuk mencukupi kebutuhan susu anak sapi," ujarnya.