Dumai Tingkatkan Populasi Sapi Menuju Swasembada Daging

id dumai tingkatkan, populasi sapi, menuju swasembada daging

Dumai, 22/2 (ANTARA) - Pemeritah Kota Dumai, Riau, berkomitmen untuk terus meningkatkan populasi sapi untuk menuju swasembada daging dengan mengintensifkan pembinaan kepada para peternak sapi.

"Kita berusaha untuk tetap eksis dalam pengembangbiakan sapi dalam menuju swasembada daging dan hal itu bisa terwujud jika pembinaan peternak terus ditingkatkan," kata Wakil Walikota Dumai dr Agus Widayat, Selasa, kepada ANTARA di Dumai.

Sementara Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanla) Kota Dumai, H Syafrizal, mengatakan, selain akan memberikan bantuan ternak kepada para petani, pihaknya juga akan segera merespon keluhan peternak tentang ketersediaan pakan sapi khususnya rumput dan hijauan.

"Kita akan siapkan lahan untuk ditanami rumput unggulan seperti rumput gajah dan rumput raja," katanya yang akan berkoordinasi dengan

dengan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) untuk mencari lahan budi daya rumput.

Sejauh ini menurut Syafrizal, Dumai belum mampu memenuhi seratus persen permintaan daging sapi untuk kebutuhan lokal, padahal permintaan daging sapi setiap tahun terus meningkat.

"Mudah-mudahan rencana swasembada ini dapat berjalan baik, dan kita yakin. Keyakinan ini mengingat kondisi wilayah Kota Dumai yang memang sangat mendukung untuk mengembangkan usaha peternakan," katanya.

Selain itu, grafik populasi peternak sapi setiap tahunnya juga semakin meningkat termasuk peningkatan jumlah para peternak.

"Usaha penggemukan sapi ini sangat menguntungkan sehingga jumlah peternak terus bertambah," katanya.