Cagub AMAN Gencar Rayu Partai Demokrat Riau

id cagub aman, gencar rayu, partai demokrat riau

Cagub AMAN Gencar Rayu Partai Demokrat Riau

Pekanbaru, (antarariau.com) - Calon Gubernur dari Partai Golkar, Annas Maamun-Arsyadjulian Rahman, terus melakukan pendekatan ke pengurus hingga kader Partai Demokrat Riau agar suara partai berlambang mercy itu beralih pada pemungutan suara putaran dua Pilkada Gubernur Riau 2013.

"Insting saya, Partai Demokrat akan memberikan dukungan ke Pak Annas karena tim mereka gencar melakukan pendekatan dari tingkat elit hingga kepada kader Demokrat," kata Juru Bicara DPD Partai Demokrat Riau, Roni Riansyah, kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Sebelumnya, KPU Provinsi Riau menetapkan pemungutan suara putaran dua Pilkada Gubernur Riau bakal digelar pada 27 November. Hanya dua pasangan cagub yang akan bersaing, yakni Annas Maamun-Arsyadjuliandi (AMAN) dan Herman Abdullah-Agus Widayat (HA).

Cagub dari Partai Demokrat, Achmad-Masrul Kasmy, dipastikan gagal melaju setelah Mahkamah Konstitusi tidak mengabulkan gugatan mereka terkait kecurangan dalam pemungutan suara putaran pertama. Roni mengatakan, hingga kini sikap partai belum bulat mengenai pengalihan dukungan, namun secara hitung-hitungan politik, dukungan Partai Demokrat akan lebih aman jika ikut mendukung AMAN.

"Pasangan AMAN dalam putaran pertama meraih lebih dari 28 persen suara. Saya rasa Demokrat akan mengalihkan dukungan ke calon yang peluang menang lebih besar," katanya.

Selain itu, lobi-lobi yang terus dilakukan tim AMAN di tingkat elit hingga kader Demokrat dinilai Roni bakal memuluskan koalisi kedepannya. Sedangkan, pasangan Cagub HA cenderung lebih pasif.

"Tim dari AMAN terus melakukan gerilya dengan intens, dan perkiraan saya para kader Demokrat akan cenderung ke arah sana ketimbang ke Pak Herman," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan tidak bisa mengecilkan peluang kemenangan pasangan HA karena sosok Herman Abdullah yang sudah mengakar kuat di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar sebagai kantong suara pemilih yang besar di Riau. Pasangan HA menang mutlak dengan perolehan suara mencolok di dua daerah itu.

"Kemenangan itu wajar karena Pak Herman besar di Kampar sebagai kampung halamannya, dan Pekanbaru menjadi tempat Pak Herman mengabdi lama mulai dari Sekretaris Daerah hingga Wali Kota Pekanbaru," katanya.

Pilkada Gubernur Riau 2013 sebelumnya diikuti oleh lima kandidat Cagub. Namun, karena tidak ada pasangan yang meraih sampai 30 persen suara, maka KPU Riau memutuskan harus ada pemungutan suara putaran dua yang akan berlangsung pada 27 November.