Disnak Kuansing Usulkan 1.200 Itik

id disnak kuansing, usulkan 1200 itik

Disnak Kuansing Usulkan 1.200 Itik

Kuantan Singingi, 5/10 (antarariau.com) - Dinas Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mengusulkan bantuan 1.200 ekor ternak itik sebagai usaha sampingan dalam meningkatkan tambahan pendapatan keluarga.

"Salah satu usulan yang akan disampaikan Dinas Peternakan Kuansing dalam APBD 2014 terkait pengadaan bibit itik untuk dibagikan kepada masyarakat," kata Kepala Disnak Kuansing Masri As di Kuansing, Sabtu.

Ia mengatakan, pengadaan itik untuk petani peternak di Kabupaten Kuantan Singingi dinilai sangat penting dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, selain berternak itik sangat cocok untuk daerah ini karena lahan untuk beternak sangat menjanjikan.

Disnak pada 2014 akan menyalurkan bantuan sebanyak 1.200 ekor itik ke masyarakat melalui kelompok-kelompok tani. "itu salah satu usulan yang kita sampaikan dalam APBD 2014 mendatang," ujarnya.

Menurut Masri, upaya mengusulkan kembali pengadaan itik, dikarenakan fihaknya melihat prospek dan keberhasilan yang telah dirasakan petani itik yang ada di kawasan Seberang Taluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah dan Desa Banjar Guntung, Kecamatan Kuantan Mudik.

Dari hasil peninjauan kelapangan, seperti di Desa Seberang Taluk, menurut mantan Kapala Bagian Ekbang Setda ini, rata-rata mereka mampu menghasilkan telul itik sebanyak 60 sampai dengan 80 butir perhari.

Penghasilan dari penjualan telur ini sangat besar pengaruhnya bagi penopang ekonomi warga sehingga kedepan juga daerah Kuansing akan menjadi swasembada telor.

Komentar