AC Milan raih juara Liga Italia musim 2021/22

id AC Milan,Sassuolo,Scudetto,Liga Italia,Serie A

AC Milan raih juara Liga Italia musim 2021/22

Selebrasi Rafael Leao setelah membantu Franck Kessie mencetak gol ketiga untuk AC Milan dalam pertandingan pekan terakhir Serie A lawan Sassuolo pada 22 Mei 2022. ANTARA/REUTERS/ALBERTO LINGRIA

Jakarta (ANTARA) - Si Merah Hitam AC Milan menjadi juara Liga Italia musim 2021/22 setelah mengalahkan Sassuolo 3-0 pada pertandingan akhir pekan lalu di Stadion Mapei, Minggu.

Olivier Giroud menyumbangkan dua gol dalam laga tersebut, satu lagi disumbangkan oleh Franck Kessie, demikian dilansir laman resmi Serie A.

Tambahan tiga poin itu menempatkan Milan di puncak klasemen Liga Italia dengan 86 poin. Inter Milan, yang sekaligus mengalahkan Sampdoria 3-0, harus finis sebagai runner-up dengan 84 poin.

Ini adalah Scudetto ke-19 bagi Milan dan sekaligus merebutnya dari rival satu kota. Terakhir kali mereka mendapatkannya adalah pada musim 2010/2011

Milan langsung tampil menyerang meski sebenarnya hanya butuh satu poin untuk mengunci gelar. Olivier Giroud memberikan ancaman ke gawang Sassuolo, namun masih bisa digagalkan kiper Andrea Consigli.

Rafael Leao nyaris membobol gawang Sasuolo pada menit ke-7. Dalam posisi bebas, bola dengan cepat diblok oleh lawan.

Milan kembali mendapat peluang emas beberapa menit kemudian melalui skema sepak pojok. Sundulan Fikayo Tomori mampu diblok lawan yang berdiri tepat di garis gawang.

Alexis Saelemaekers juga melakukan lemparan untuk Milan pada menit ke-10. Tembakannya dari jarak dekat masih bisa dihentikan kiper Consigli.

Milan berhasil memecah kebuntuan tujuh menit kemudian. Umpan silang Leao sukses disambar Giroud, yang membuat bola meluncur melewati bek lawan dan di antara kaki kiper. Tim tamu memimpin 1-0.

Pada menit ke-23, terjadi keributan di mulut gawang Sassuolo setelah tembakan Saelemaekers dibelokkan oleh kiper. Bola liar kemudian ditangkap oleh pemain Milan, namun Consigli masih mampu menghalaunya.

Milan memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-32. Lewat sepakan Giroud setelah Leao menyambar bola dari kaki bek lawan di kotak penalti dan melepaskan operan ke penyerang asal Prancis itu.

Rafael Leao kembali membuat assistuntuk gol ketiga Milan dicetak pada menit ke-36 melalui tendangan Kessie. Gol tersebut juga memberi AC Milan kemenangan 3-0 atas Sassuolo di babak pertama.

Usai jeda, Milan bermain lebih santai. Sementara itu, Sassuolo tampil lebih agresif dengan menciptakan dua peluang di 10 menit pertama babak kedua.

Rossoneri menambah gol keempat pada menit ke-78 melalui sundulan Zlatan Ibrahimovic. Namun, gol tersebut dianulir VAR karena berbau offside.

Tidak ada gol tambahan sampai wasit menyelesaikan pertandingan. Milan berhasil menutupnya dengan kemenangan 3-0 dan mengakhiri musim sebagai juara.