Manchester City kembali ke puncak klasemen usai libas Leeds 4-0

id Manchester City,Leeds United,Liga Inggris,Liga Premier Inggris

Manchester City kembali ke puncak klasemen usai libas Leeds 4-0

Selebrasi Gabriel Jesus (kiri) setelah mencetak gol untuk Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris lawan Leeds United pada 1 Mei 2022. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Si Biru Langit Manchester City kembali memuncaki klasemen usai mengalahkan Leeds United 4-0 dalam lanjutan matchday 35 Liga Inggris di Elland Road, Senin dini hari WIB.

Empat gol The Citizens masing-masing dicetak oleh Rodri, Nathan Ake, Gabriel Jesus dan Fernandinho. ., menurut laman resmi Liga Utama Inggris.

Hasil ini mengembalikan Manchester City ke puncak klasemen dengan 83 poin dari 34 pertandingan. Leeds United tertahan di peringkat 17 dengan 34 poin.

Leeds United mengancam di awal pertandingan, memanfaatkan kesalahan Joao Cancelo. Rodrigo Moreno melancarkan serangan balik, namun usahanya untuk menembak digagalkan oleh Ilkay Guendogan.

City memimpin pada menit ke-13 setelah mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri. Phil Foden mengirim umpan lambung ke kotak penalti dan disundul oleh Rodri, yang lolos dari kendali. Skor menjadi 1-0.

Leeds mencoba mengontrol jalannya pertandingan, namun kesulitan menebar ancaman serius. Peluang datang pada menit ke-34 saat tembakan Junior Firpo melambung di atas mistar gawang.

Empat menit berselang, City menciptakan peluang. Umpan Cancelo diterima oleh Gabriel Jesus yang kemudian memotong dari kiri ke tengah dan melepaskan tembakan.

Tembakan striker Brasil itu langsung mengarah ke gawang Illan Meslier.

City nyaris mencetak gol kedua setelah Luke Ayling melakukan kesalahan fatal. Dia kehilangan bola di kotak penaltinya sendiri dan berakhir di kaki Raheem Sterling yang berdiri bebas.

Namun, Sterling menahan bola terlalu lama sebelum melepaskan tembakan yang bisa saja diblok oleh bek Leeds. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk tim tamu.

Leeds mencoba menyerang di awal babak kedua. Namun, City memberikan pukulan lain.

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-54. Nathan Ake menyambar bola dari sundulan Ruben Dias ke gawang dan mengubah skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-62, City mendapat peluang. Jack Grealish lolos dari Ayling dan Raphinha, lalu mengoper ke Guendogan, namun tembakan gelandang Jerman itu masih melebar.

Leeds beberapa kali membangun serangan, tetapi mudah dipatahkan. Memang, City bisa memperbesar keunggulan pada menit ke-78.

Phil Foden menguasai bola ke sepertiga akhir dan mengirimkan umpan indah kepada Gabriel Jesus yang lolos dari jebakan offside. Ia kemudian menaklukkan Meslier dengan sepakan ke pojok kiri gawang. Skor 3-0 untuk City

Chance untuk City di menit ke-87. Joao Cancelo lolos dari penguasaan pemain lawan, namun tembakannya masih bisa digagalkan kiper Leeds.

Leeds membuang peluang bagus untuk memperkecil ketertinggalan. Daniel James lolos dan berhasil melewati Ederson, namun tembakannya bisa diblok Ruben Dias di garis gawang.

Upaya kedua Sam Greenwood diblok oleh Oleksandr Zinchenko.

City menambah gol di injury time melalui upaya Fernandinho dan pertandingan berakhir 4-0.

Urutan Pemain:

Leeds United (5-4-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Pascal Struijk, Junior Firpo (Gelhardt 62'); Calvin Phillips; Raphinha, Stuart Dallas (Daniel James 45'), Mateusz Klich, Jack Harrison; Rodrigo Moreno (Sam Greenwood 83')

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Joao Cancelo, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Nathan Ake (Oleksandr Zinchenko 60 '); Rodri (Fernandinho 83'), Ilkay Gundogan; Jack Grealish, Phil Foden (Bernardo Silva 80'), Raheem Sterling; Gabriel Yesus