3.083 personel siap amankan Lebaran di Riau

id Ops ketupat lancang kuning,Polda riau, mudik lebaran

3.083 personel siap amankan Lebaran di Riau

Suasana sata apel Ops Ketupat Lancang Kuning 2022. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 3.083 personel diturunkan untuk mengamankan Lebaran 1443 Hijriah di wilayah Provinsi Riau.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, 3.083 personel tersebut terdiri dari 1.678 anggota Polri dan 1.045 personel dari dinas terkait, termasuk TNI.

“Ada juga
57 posko yang kami siapkan terdiri dari 32 posko, 20 posko pelayanan dan 5 posko terpadu yang berada di
perbatasan yaitu di Kampar, Kuansing, Inhil,Rohul dan Purna MTQ ,” kata Iqbal saat apel siaga di Pekanbaru, Jumat.

Iqbal mengatakan apel bertajuk OKLK 2022 menunjukkan kesiapan Polda Riau bersama seluruh pemangku kepentingan secara kolaboratif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 3.803 personel siap mengamankan Lebaran di Riau.

Kapolda Riau juga melakukan strategi dan upaya pengendalian dan antisipasi COVID-19 dengan berbagai tindakan di wilayahnya .

“Kita harus tegas mengimbau dan mengawasi kedisiplinan masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan atau 3M,” kata Irjen Iqbal .

Mohammad Iqbal juga mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan terkait untuk mendorong para tour operator memastikan bahwa aplikasi CareProtect sudah terpasang dengan baik dan dapat digunakan dengan baik.

“Kalau ada pengunjung yang belum divaksin diarahkan ke outlet vaksin terdekat . Jika ada pengunjung yang masuk dalam kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Selain itu, disebutkan bahwa perlindungan dan keamanan pelaksanaan Idul Fitri di masjid dan di lapangan juga harus dilakukan.

“Memantau pemenuhan syarat mudik ke berbagai moda transportasi agar masyarakat terlindungi dari bahaya penularan COVID-19,” kata Iqbal.