Menteri Kelautan Batal Saksikan Ritual Bakar Tongkang

id menteri kelautan, batal saksikan, ritual bakar tongkang

Bangan Siapiapi, Riau, (Antarariau.com) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo batal menyaksikan ritual Bakar Tongkang yang diselenggarakan warga masyarakat Tionghoa di Kota Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada Senin karena helikopternya terkendala kabut asap.

"Jarak pandang di udara kurang dari 200 meter, sehingga helikopter yang ditumpangi menteri tidak jadi mengudara," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pudatin Kementerian Kelautan dan Perikanan Hardiansyah yang dihubungi Antara dari Bagan Siapiapi, Riau, Senin.

Menurut dia, jarak aman bagi sebuah helikopter untuk mengudara harus 500 meter sehingga tidak membahayakan penerbangan jenis helikopter.

Padahal, Hardiansyah, Menteri Kelautan dan Perikanan bersama Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Gellwynn Yusuf sudah berada di VIP Lancang Kuning, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sejak pukul 09.25 WIB.

"Tadi bapak menteri telah menunggu lama sekitar dua jam, sebelum membatalkan keberangkatan ke Bagan Siapiapi karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang melanda Riau," katanya.