MUI Dumai Imbau Khatib Berdoa Minta Hujan

id mui dumai, imbau khatib, berdoa minta hujan

MUI Dumai Imbau Khatib Berdoa Minta Hujan

Dumai, (Antarariau.com) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai, Provinsi Riau, mengimbau khatib ibadah shalat Jumat agar membimbing jamaah memanjatkan doa meminta Allah SWT menurunkan hujan.

"Segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya, karena itu kita imbau khatib Jumat untuk berzikir dan memohon pertolongan Allah menurunkan hujan agar api yang membakari hutan dan lahan dapat padam secepatnya," kata Ketua MUI Kota Dumai Lukman Syarif di Dumai.

Musibah asap yang menyelimuti Kota Dumai tergolong sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan menurutnya telah nyata menganggu aktivitas dan kesehatan warga.

MUI juga mengajak warga Dumai untuk memperbanyak zikir dan memanjatkan doa meminta pertolongan Allah SWT agar kabut asap secepatnya menghilang sehingga masyarakat terhindar dari musibah kabut asap yang makin hari makin menebal dan membahayakan kesehatan.

"Udara Dumai sudah masuk kategori sangat berbahaya dan kami mengimbau juga warga untuk mewaspadainya dengan tidak menghirup udara secara langsung dan mengurangi kegiatan di luar ruangan," sebutnya.

Apabila musibah kabut asap belum juga berkurang dan akan semakin membayakan kesehatan masyarakat, MUI berencana akan melaksanakan Shalat Istisqa secara berjamaah untuk meminta diturunkan hujan.

Ia menyatakan, setiap musibah yang diturunkan Allah kepada umatnya merupakan ujian dan cobaan untuk dapat diambil hikmah dan pembelajaran untuk kepentingan kehidupan dimasa mendatang.

"Bila hujan belum turun juga, maka kita umat muslimin akan melaksanakan Shalat Istisqa berjamaah meminta kepada Allah menurunkan hujan," ujarnya.