Koperasi Mampu Tingkatkan Ekonomi Warga Inhu

id koperasi mampu, tingkatkan ekonomi, warga inhu

Koperasi Mampu Tingkatkan Ekonomi Warga Inhu

Rengat, (Antarariau.com) - Keberadaan koperasi di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau telah mampu meningkatkan ekonomi sebagian warga setempat melalui bantuan simpan pinjam untuk keperluan usaha bagi anggotanya.

"Anggota sudah memanfaatkan jasa simpan pinjam untuk keperluan produktif dan adanya koperasi telah menjadi alternatif mendapatkan pinjaman meski nominalnya belum besar," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah HR Iskandar Rab di Rengat dihubungi Minggu.

Ia mengatakan, jumlah koperasi yang aktif berkisar 350 unit, yang tersebar di 14 kecamatan se kabupaten Indragiri Hulu, sebagian besar bermitra dengan perkebunan sawit.

Kemandirian koperasi terlihat sejak tiga tahun terakhir atas kerja keras Dinas Koperasi dalam melakukan berbagai pembinaan. Melihat keberhasilan ini pihaknya meminta semua masyarakat yang ingin berusaha mandiri sebaiknya menjadi anggota koperasi.

Dengan bergabungnya warga menjadi anggota koperasi akan membantu meningkatkan ekonomi keluarganya selain dapat mengembangkan usahanya jika modal sendiri belum kuat.

"Melalui koperasi anggota akan mudah mendapatkan bantuan lunak termasuk juga melalui dana bersumber dari tanggung jawab sosial perusahaan," ujarnya.

Pemerintah Daerah Indragiri Hulu tetap memperhatikan usaha dibawah naungan koperasi ini, karena selain berbadan hukum juga membantu mencarikan bapak angkat sebagai pendanaan.

"Saya contohkan sejumlah koperasi yang bermitra dengan perkebunan sawit, jumlah aset koperasi sudah mencapai miliaran rupiah, dana operasional usahanya pun dibantu oleh pihak perusahaan," jelasnya.

Akan tetapi Dinas Koperasi Indragiri Hulu juga meminta agar koperasi yang ada tidak hanya mengejar keuntungan dalam usahanya, tetapi lebih menitik beratkan perioritas usaha sehingga ada unggulan tersendiri masing - masing koperasi untuk dijadikan percontohan.

Dengan adanya unggulan usaha ini, tentunya akan memberikan nilai tambah sebuah koperasi yang didirikan, misalnya dapat menciptakan peluang usaha, membantu pemerintah daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah.

"Yang lebih penting lagi ikut mengatasi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru," sebutnya. (Asripilyadi)