AS Monaco pecat Niko Kovac, ini alasannya

id liga prancis,as monaco,niko kovac

AS Monaco pecat Niko Kovac, ini alasannya

Ekspresi pelatih kepala AS Monaco Niko Kovac saat mendampingi timnya menghadapi RC Lens dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA/REUTERS/Eric Gaillard)

Jakarta (ANTARA) - Manajemen AS Monaco membuka tahun 2022 dengan mengumumkan pemecatan pelatih kepala Niko Kovac yang baru bertugas 18 bulan memimpin Stadion Louis II.

"AS Monaco mengumumkan sudah memutuskan berpisah dengan Niko Kovac. Pelatih asal Kroasia itu sudah diinformasikan sebuah pertemuan Kamis kemarin," kata klub ini dalam situs resminya, Minggu dini hari WIB.

Monaco menyatakan akan segera mengumumkan pengganti Kovacdan sementara ini pelatih tim AS Monaco B, Stephane Nado, akan bertugas mendampingi skuad dalam sesi latihan.

Kovac tiba di Monaco pada 19 Juli 2020 untuk menggantikan Roberto Moreno dan diberi kontrak tiga tahun.

Pada musim pertamanya, Kovac mampu membantu Monaco finis urutan ketiga klasemen yang merupakan peningkatan besar dibandingkan peringkat kesembilan pada 2019/20 dan ke-17 semusim sebelum musim itu.

Namun, musim panas lalu Kovac gagal meloloskan Monaco ke babak utama Liga Champions setelah dikalahkan Shakhtar Donetsk dalam fase playoff kualifikasi.

Monaco yang tampil di Liga Europa lolos ke babak 16 besar setelah finis di atas Real Sociedad dan PSV Eindhoven dalam penyisihan Grup B.

Namun penampilan Monaco di Liga Prancis kurang meyakinkan yang harus menunggu hingga laga pekan keempat untuk merasakan kemenangan pertama.

Monaco kini berada pada urutan keenam dengan 29 poin, terpaut 15 poin dari Paris Saint-Germain yang berada di puncak.

Kovac meninggalkan Monaco dengan catatan 42 kali menang, 16 kalah dan 16 imbang dalam 74 pertandingan pada semua kompetisi atau prosentase kemenangan 56,76 persen.