Prancis telah evakuasi 300 orang lebih dari Afghanistan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Prancis, Afghanistan

Prancis telah evakuasi 300 orang lebih dari Afghanistan

Arsip--Sebuah keluarga dari Afghanistan memuat barang-barang mereka di atas kendaraan. (ANTARA FOTO/REUTERS/Abdul Khaliq Achakzai/rwa)

Paris (ANTARA) - Pemerintah Prancis mengevakuasi lebih dari 300 orang, yang terdiri atas 258 warga Afghanistan, 11 warga Prancis, sekitar 60 warga Belanda dan sejumlah warga lainnya, dari Afghanistan, kata juru bicara kementerian luar negeri Prancis, Jumat (3/12).

Misi itu dilakukan dengan bantuan Qatar, tulis pernyataan kementerian.

Penjemputan itu mencakup warga Afghanistan yang berisiko seperti wartawan dan orang-orang yang terkait dengan Prancis, seperti pegawai sipil yang bekerja untuk militer Prancis.

Baca juga: PBB ungkapkan 635.000 warga Afghanistan terusir tahun ini

Sejak 10 September sebanyak 110 warga Prancis dan 396 warga Afghanistan telah dievakuasi dari negara tersebut melalui 10 penerbangan yang dibantu oleh Qatar, tulisnya.

Prancis dan Qatar menggelar misi kemanusiaan gabungan pada Kamis, dengan mengirim peralatan medis, makanan dan pasokan untuk musim dingin kepada organisasi internasional yang beroperasi di negara tersebut dengan menggunakan pesawat militer Qatar, kata jubir kemenlu Prancis.

Badan Program Pembangunan PBB (UNDP) pekan ini menggambarkan sebuah pandangan sosial ekonomi "mengkhawatirkan" bagi Afghanistan selama 13 bulan ke depan.

Afghanistan sedang bergelut dengan penurunan drastis bantuan internasional setelah Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus.

UNDP memperkirakan bahwa kemiskinan bakal menjadi hampir lumrah pada pertengahan 2022.

Baca juga: Tiga tersangka ledakan bom masjid di Afghanistan berhasil ditangkap

Baca juga: Pemimpin tertinggi Taliban muncul ke publik setelah diisukan meninggal


Sumber: Reuters