Netflix berhasil mendominasi piala Emmy Awards 2021

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antra, musik

Netflix berhasil mendominasi piala Emmy Awards 2021

Serial drama “The Crown” tayang di Netflix. (ANTARA/HO-Netflix)

Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming Netflix berhasil memboyong piala Emmy Awards ke-73 terbanyak untuk pertama kalinya dibandingkan dengan jaringan atau platform lain dengan total 44 penghargaan pada tahun ini.

Pencapaian tersebut menandakan Netflix telah menggandakan total kemenangannya sebanyak dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang memboyong 21 penghargaan.

Baca juga: BLACKPINK secara resmi ditunjuk sebagai duta PBB untuk SDGs

Mengutip laporan Variety, Senin, Netflix masuk ke Primetime Emmy dengan 34 penghargaan dari Creative Arts Emmy diikuti dengan 10 penghargaan lebih lanjut, termasuk kemenangan Gillian Anderson, Olivia Colman, dan Josh O'Connor untuk peran mereka dalam serial "The Crown" dan Ewan McGregor untuk aktor terbaik dalam serial "Halston".

"The Crown" juga memenangkan kategori serial drama terbaik serta penyutradaraan dan penulisan terbaik serial drama. Serial yang berkisah tentang keluarga Kerajaan Inggris ini berhasil membawa pulang total 11 penghargaan, menyamai "The Queen's Gambit" untuk kemenangan terbanyak program tahun ini.

Baca juga: Video "Money" Lisa BLACKPINK akan rilis pada 23 September

Netflix telah bersaing untuk mendapatkan Emmy sejak masuk ke kompetisi penghargaan pada tahun lalu. Pada tahun ini, Netflix mengalahkan saingannya, HBO dan HBO Max, yang memenangkan total 19 penghargaan.

HBO meraih 10 penghargaan dari Creative Arts Emmys, diikuti dengan penghargaan lain termasuk "Hacks" dan "Mare of Easttown" yang mendapatkan banyak kemenangan, seperti aktris terbaik dalam serial komedi untuk Jean Smart di “Hacks” dan aktris terbaik dalam serial terbatas untuk Kate Winslet di "Mare of Easttown". Selain itu, ada pula Michaela Cole yang memenangkan penghargaan untuk penulisan terbaik dalam serial terbatas "I May Destroy You".

Baca juga: Fransis Karin debut musik lewat lagu bertajuk "Manusia"

Disney Plus memenangkan total 14 penghargaan pada tahun ini, naik dari delapan pada tahun 2020. Platform streaming ini hanya meraih satu kemenangan di Primetime Emmy, dengan kemenangan "Hamilton" untuk kategori spesial pra-rekaman terbaik.

Apple TV Plus juga meningkat dari tahun ke tahun, meraih total 10 Emmy berkat serial komedi "Ted Lasso" yang memenangkan kategori serial komedi terbaik, aktor serial komedi terbaik (Jason Sudeikis), aktris pendukung serial komedi terbaik (Hannah Waddingham), dan aktor pendukung serial komedi terbaik (Brett Goldstein). Apple TV Plus baru meraih satu kemenangan di tahun 2020.

Sementara pesaing lain seperti Amazon dan Hulu belum berhasil untuk tahun ini. Padahal tahun lalu, Amazon telah memenangkan empat penghargaan sementara Hulu meraih satu kemenangan Emmy Awards.

Baca juga: Fransis Karin debut musik lewat lagu bertajuk "Manusia"
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021