Peparnas: Media Center PON Dimanfaatkan Untuk Peparnas

id peparnas media, center pon, dimanfaatkan untuk peparnas

Peparnas: Media Center PON Dimanfaatkan Untuk Peparnas

Pekanbaru, (antarariau) - Media center Pekan Olaharga Nasional (PON) ke-XVIII Riau yang mengambil tempat di Perpustakaan Wilayah Soeman Hasibuan akan dialih fungsikan menjadi tempat media center untuk Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke-XIV.

"Pustaka wilayah siap dalam menyambut rekan-rekan wartawan, karena kembali digunakan menjadi media center Peparnas. Setelah PON kemarin, memang tidak dibongkar dan bakal difungsikan sebagai media centre," ujar Kepala Badan Pustaka Arsip dan Dokumentasi Riau Rizka Utama Nasution di Pekanbaru, Selasa.

Dia menjelaskan, peralatan dan fasilitas masih sama seperti yang dibutuhkan wartawan pada saat meliput PON, termasuk untuk ruang pengetikan dan pengiriman berita, ruangan kesehatan, ruang pijat, ruang rehat dan juga ada studio mini.

Meski sebagian ruang pustaka disekat untuk media center, namun dia mengaku hal itu tidak mengurangi jumlah pengunjung, bahkan jumlah pengunjung yang ingin meminjam dan melakukan aktifitas di pustaka wilayah meningkat.

"Jumlah pengunjung malah semakin meningkat, sampai terpaksa menggunakan tangga darurat. Apalagi saat pameran citra arsip Provinsi Riau beberapa hari lalu dan menampilkan sejarah Riau dari zaman kerajaan hingga saat sekarang," katanya.

Sebelumnya, General Manager Policy, Government and Public Affair PT Chevron Pacific Indonesia Usman Slamet selaku pengelola media center mengatakan, ruang kesehatan yang terdapat di linkungan media PON bersama ruang pijat dan rehat termasuk baru pertama kali diadakan pada kegiatan olahraga tingkat nasional.

"Jadi artinya, berbagai fasilitas yang kami sediakan merupakan aspirasi dari teman-teman jurnalis juga," katanya.

Media center merupakan kerjasama dengan Pengurus Besar PON ke-XVIII, yang dananya mengambil sebagian kecil dari dana yang disumbang CPI bersamaan dengan membangun gedung serba guna yang dipakai arena menembak.

Kemudian membenahi arena tenis meja di Dumai, penyiapan lokasi pengambilan api PON dan membiayai penampilan marching band yang totalnya berjumlah Rp62 miliar atau sekitar 87 persen, dan sisanya dari "cost recovery" sehingga logo BPMIGAS turut ditampilkan.

Pada Peparnas XIV ini akan mempertandingkan 11 cabang olahraga antara lain cabang tenis lapangan kursi roda, catur, voli duduk, atletik, panahan, renang, futsal, boling, bulu tangkis, angkat berat, dan tenis meja.