PON: Jatim Sapu Bersih 2 Emas Tenis Meja

id pon jatim, sapu bersih, 2 emas, tenis meja

Pekanbaru, (antarariau) - Petenis meja Jawa Timur seperti tradisi PON sebelumnya merajai ajang tenis meja dengan keberhasilan atlet mereka menyapu bersih dua medali emas yang diperebutkan dalam nomor beregu putra dan putri PON XVIII/2012 di Dumai, Kamis malam.

Dalam babak final beregu putra, petenis meja masa depan Indonesia Ficky Supit membuka kemenangan Jatim dengan menundukkan petenis meja DKI Jakarta David Jacob 3-1.

Keunggulan Jatim ditambah setelah peraih emas tenis meja tunggal putra Indonesia di Filipina 2006, Muhammad Husen menumbangkan Ajid dengan skor ketat 3-2.

DKI mengejar ketertinggalan setelah Dahlan Dahuri di luar dugaan dikalahkan Adang dengan skor 2-3 dan emas dipastikan Jatim setelah Ficky yang merupakan putera legendari tenis meja Indonesia Sinyo Supit itu membungkam Ajid 0-3.

"Ini kado indah saya setelah meraih emas di Sea Games Manila," ujar Husen yang kini banyak berlatih di PTPN Jatim itu.

Di beregu putri, upaya keras Jabar menundukkan Jatim nyaris berhasil andaikan Nunik Sugiani tidak kalah 0-3 dari Silir Rovani, petenis meja andalan Indonesia di SEA Games Palembang-Jakarta itu.

Setelah duluan tertinggal 0-1, Jabar membuka peluang dengan penampilan brilian Rina yang membukukan dua poin setelah mengalahkan Noor Azizah 3-2 dan Christine Ferliana 3-2. Pertandingan akhirnya dimenangkan Jatim dengan 3-2.

Untuk medali perunggu di nomor beregu putera direbut Riau yang mengandalkan mantan petenis meja nasional Yon Mardiono dan perunggu lainnya untuk Jawa Tengah, sementara di nomor beregu puteri perunggu direbut Kaltim dan Jateng.

Pertandingan tenis meja beregu putera dan puteri yang digelar di GOR Dumai itu disaksikan ribuan penonton yang memadati arena pertandingan dan mereka nyaris tidak beranjak hingga penyerahan medali selesai dilakukan.

Wali kota Dumia, Chairul Anwar mengalungkan medali untuk petenis meja putera sementara Diana Wuisan dan Rina Waroka bergantian mengalungkan untuk beregu puteri.

"Luar biasa animo penonton. Sudahlah permainannya enak ditonton, mereka juga setia hingga acara betul-betul usai," ujar Makmur wasit tenis meja nasional.