Wabup Bengkalis serahkan sapi kurban bantuan Presiden

id Pemkab Bengkalis,wabup bengkalis, bengkalis, kurban bengkalis, sapi presiden, presiden sapi

Wabup Bengkalis serahkan sapi kurban bantuan Presiden

Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso melepas sapi kurban bantuan Presiden Jokowi untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1442H/2021, Senin (12/7/21). ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso melepas sapi kurban bantuan Presiden Jokowi untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1442H/2021, Senin (12/7). Sapi bantuan Presiden tersebut bakal dikirim ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau dan dilanjutkan ke Gubernur Riau Syamsuar untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat di Masjid Raya Annur di Kota Pekanbaru.

Sapi berwarna kecoklatan muda yang sudah berumur enam tahun lebih itu, memiliki berat mencapai sekitar 889 kilogram dari Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Gg Hj Zainah Jalan Kelapapati Darat, Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis.

"Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi kurban Pak Presiden Jokowi. Alhamdulillah mudah-mudahan, ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Pulau Bengkalis," ungkapnya.

Menurutnya, Pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan dan hal itu sudah terbukti, contohnya untuk tahun 2021 ini menjadi salah satu sapi kurban yang dipilih oleh Presiden yang akan diserahkan kepada Gubri.

"Sapi asal Kabupaten Bengkalis yang terpilih. Ayo berternak sapi bersama karena sudah ada contoh dan buktinya, Bengkalis mempunyai potensi untuk menjadi peternak sapi yang handal," ajaknya.

Kepala DTPHP Bengkalis H Tarmizi SP MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Amri Noer mengatakan, bahwa terpilihnya sapi limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis untuk kurban masyarakat Riau tersebut, sebelumnya telah didaftarkan mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kg lebih.

"Alhamdulillah sapi yang kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Dan sapi limousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," terangnya.

Dari hasil penimbangan bobot sapi limousin ini disebutkan Amri Noer, sekitar 889 kg setelah mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi yang mewakili Kementerian Pertanian.

"Ya, sepekan lalu tim dari provinsi juga melakukan pengamatan ulang untuk memastikan kesehatan hewan tersebut dan hari ini sudah kita lepaskan secara simbolis untuk dibawa ke Pekanbaru," ujarnya.

Dorongan yang sama juga diutarakan Hasan selaku pemilik ternak sapi kurban Jokowi tersebut di hadapan Wakil Bupati Bengkalis.

“Insyaallah kita akan bantu masyarakat yang ingin beternak sapi besar. Contohnya sapi limosin ini. Insyaallah Bengkalis bisa,” ajak Hasan.

Usai melakukan prosesi tabur beras kunyit, serta dilanjutkan dengan memasukkan sapi ke dalam mobil pengangkut, Wabup Bagus Santoso bersama rombongan juga turut meninjau kandang sapi yang diisi berbagai jenis ini.

Baca juga: Bantuan hibah sapi terkendala teknis, DPRD Riau: Jangan sampai gagal

Baca juga: MUI Riau anjurkan masyarakat salat Idul Adha di rumah pada kawasan zona merah