Dua gol babak tambahan antar Italia ke perempatfinal Euro 2020

id Piala Eropa 2020,Italia vs Austria,16 Besar 2020

Dua gol babak tambahan antar Italia ke perempatfinal Euro 2020

Para pemain timnas Italia melakukan selebrasi setelah mereka memenangi laga babak 16 besar Piala Eropa 2020 melawan Austria dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, London. (26/6/2021) (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang tercipta pada babak perpanjangan waktu dari Federico Chiesa dan Matteo Pessina membawa Italia mengalahkan Austria 2-1 dalam laga 16 Besar di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari ini, yang sekaligus menyusul Denmark, yang sudah lebih dulu lolos setelah menggasak Wales 4-0, ke perempatfinal Euro 2020.

Federico Chiesa akhirnya memecahkan kebuntuan Italia pada menit kelima babak perpanjangan waktu pertama setelah selama 2x45 menit pertandingan melawan Austria itu tetap 0-0.

Gol Chiesa diawali dari umpan silang melambung dari sisi kiri lapangan yang dikirimkan oleh Leonardo Spinazzola. Chiesa sempat mengecoh seorang bek Austria sebelum menyarangkan gol yang gagal dihadap kiper Daniel Bachman.

Sepuluh menit kemudian pada menit 105, giliran Matteo Pessina yang menciptakan gol yang sekaligus menggandakan kedudukan 2-0 .

Lorenzo Insigne mengirimkan umpan silang kepada Francesco Acerbi yang masih di pojok lapangan. Dia lalu menusuk ke pertahanan Austria dalam gerakan layaknya penyerang tengah sejati untuk menyalurkan bola kepada Pessina yang melompat melewati tekel Austria untuk mengirimkan finis luar biasa yang melewati hadangan Daniel Bachman.

Austria sempat membalas satu gol pada menit ke-114 ketika Sasa Kalajdzic menyambut tendangan sudut Louis Schaub yang dia tuntaskan dengan sundulan sambil menjatuhkan diri yang tak bisa dihadang Gianluigi Donnarumma.

Ini untuk pertama kalinya Italia kebobolan dalam 12 pertandingan terakhirnya.

Austria berusaha keras menyamakan kedudukan untuk memaksa Italia melanjutkan laga kepada adu penalti. Namun upaya mereka gagal, sebagian karena ketanggguhan Donnarumma yang di antaranya menepis tendangan keras pemain pengganti Louis Schaub.

Austria sempat mengejutkan Italia pada babak kedua ketika sundulan Marco Arnautovic menjebol gawang Gianluigi Donnarumma namun gol itu dianulir karena offside.

Itu adalah satu-satunya kesempatan bola masuk gawang yang tercipta dalam 90 menit waktu normal pertandingan 16 besar antara Italia dan Austria di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari WIB, namun sayang kemudian dinyatakan tidak sah karena offside.

Pertandingan berlangsung dalam tempo yang sedang dengan inisiatif menyerang dipegang Italia, tapi Austria juga beberapa kali melancarkan tusukan ke daerah pertahanan Azzurri.

Dua peluang bagus lainnya terjadi pada menit ke-17 babak pertama ketika tendangan Nicolo Barella yang dirancang dari sayap kiri oleh Leonardo Spinazzola berhasil diselamatkan oleh kiper Austria Daniel Bachmann.

Peluang bagus lainnya tercipta juga pada babak pertama ketika pada menit ke-32 tendangan Ciro Immobile yang sudah tak bisa dihadang Bachman malah membentur tiang gawang.

Pada menit ke-65, Arnautovic menyundul bola masuk ke gawang Italia setelah menyambut umpan David Alaba dari sebelah kanannya yang meneruskan umpan menyilang dari tengah lapangan. Gol ini kemudian dianulir wasit karena Arnautovic dinyatakan offside sebelum gol terjadi.

Italia akhirnya kembali menang tapi untuk pertama kalinya Azzurri kebobolan setelah 11 laga selalu clean sheet. Italia akan menghadapi Portugal atau Belgia dalam perempatfinal di Muenchen pada 2 Juli.