Olimpiade: Catatan Kontingen Indonesia Di London

id olimpiade catatan, kontingen indonesia, di london

London, (antarariau) - Atlet angkat besi nasional Eko Yuli Irawan menyumbang medali pertama bagi kontingen Indonesia pada Olimpiade London 2012 dengan menempati urutan ketiga pada kelas 62kg.

Eko membukukan total angkatan 317kg dengan angkatan snatch 145kg dan clean and jerk 172kg yang membuahkan medali perunggu bagi kontingen Indonesia.

Itu adalah medali Olimpiade kedua Eko setelah empat tahun lalu di Beijing ia juga menyumbang medali perunggu bagi Merah Putih.

Sementara itu, dari cabang bulu tangkis, ganda putra Bona Septano-Mohammad Ahsan memastikan tempat ke perempat final setelah meraih satu kemenangan dalam Grup B melawan ganda Korea Selatan Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong 24-22, 21-12.

Sehari sebelumnya mereka kalah oleh pasangan Thailand Maneepong Jongjit-Bodin Isara 11-21, 16-21, namun karena lawan berikutnya, pasangan Polandia Michal Logosz-Adam Cwalina tidak melanjutkan pertandingan saat melawan pasangan Thailand karena salah satunya cedera, memberi jalan bagi pasangan Indonesia ke babak berikutnya.

Ganda putri Greysia Polii-Meiliana Jauhari juga maju ke babak delapan besar setelah meraih kemenangan kedua dalam Grup C atas pasangan Afrika Selatan Michelle Edwards-Annari Viljoen 21-18, 21-10.

Untuk pertandingan Selasa (31/7), atlet Indonesia yang akan tampil adalah sejumlah pebulu tangkis, angkat besi dan judo.

Beberapa pebulu tangkis menghadapi pertandingan penentuan dalam grup masing-masing seperti Taufik Hidayat yang menghadapi penentuan juara Grup O melawan Pablo Abian dari Spanyol.

Begitu pula Simon Santoso bertemu Michael Lahnsteiner dari Austria pada Grup B.

Ganda campuran unggulan ketiga Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir akan bertarung melawan pasangan Denmark Thomas Laybourn-Kamilla Rytter Juhl untuk menentukan juara Grup C pada pukul 18.30 (Rabu pukul 00.30 WIB)

Indonesia berpeluang menambah perolehan medali saat dua lifter pada kelas 69kg, Triyatno dan Deni berlaga di Excel London mulai pukul 19.00 (Rabu (1/8) pukul 01.00 WIB).

Pejudo I Putu Wiradamungga yang mendapat tempat di Olimpiade sepekan sebelum resmi dibuka, akan bertarung melawan Laszlo Csoknyai dari Hungaria di kelas -81kg.