CdM Kontingen Indonesia optimistis target Indonesia di APG 2023 Kamboja tercapai

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, APG

CdM Kontingen Indonesia optimistis target Indonesia di APG 2023 Kamboja tercapai

Pelari putra Indonesia Firza Faturahman Listianto (ketiga kanan) memacu larinya saat laga final 100 M T46 ASEAN Para Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Senin (5/6/2023). Firza Faturahman Listianto berhasil meraih emas dengan catatan waktu 11,52 detik. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman optimistis Skuad Merah Putih mampu mencapai target perolehan medali dan status juara umum di ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja melihat konsistensi para atlet dan tim.

"Dari hasil evaluasi seluruh cabang olahraga, semua sesuai dengan target yang direncanakan. Jadi angka medali emas yang diraih ini memang sudah diprediksi," ujar Andi dikutip dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Selasa.

"Jadi selama berlangsungnya pertandingan ini atlet kita sudah on the track untuk mencapai target, seperti dari para angkat berat ini adalah 11 emas," tambahnya.

Ia menilai, masih banyak cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan Indonesia memiliki peluang untuk menambah pundi-pundi medali. Adapun Kontingen Indonesia menargetkan juara umum dengan merebut potensi 121 medali emas, 92 perak dan 84 perunggu.

"Di beberapa cabang olahraga lainnya juga masih banyak nomor pertandingan seperti atletik, semoga pundi-pundi emas kita bisa bertambah sehingga target minimal yang kita dapatkan yaitu 121 medali emas dapat tercapai," ujarnya.

Sementara itu, Indonesia memimpin klasemen sementara perolehan medali ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja dengan koleksi 62 emas.

Skuad Garuda hingga Senin (5/6) malam, secara keseluruhan meraih 142 medali dengan sebaran 62 emas, 49 perak, dan 31 perunggu.

Di papan klasemen sementara, terjadi perubahan di tiga besar. Vietnam yang sedianya pada Senin sore masih bertengger di posisi kedua digeser oleh Thailand yang mengoleksi 34 emas, 41 perak, dan 23 perunggu. Adapun, negara berjuluk The Land of Dragon itu berada di posisi ketiga dengan koleksi 29 emas, 26 perak, dan 39 perunggu.

Perubahan klasemen sementara juga terjadi di dua posisi bawah dimana Brunei Darussalam yang mulanya di juru kunci pada Senin sore naik satu tingkat ke posisi 10 dengan satu emas dan satu perunggu.

Pada hari itu, Laos harus terpaksa menjadi yang terakhir dengan satu perak dan empat perunggu.

Sementara itu, tim tuan rumah Kamboja masih tak bergerak dari posisi kedelapan. Negara Angkor Wat itu menutup hari kedua APG dengan raihan tiga emas, sembilan perak, dan 11 perunggu.

Baca juga: Indonesia keluar sebagai juara umum para tenis meja APG 2022 dengan 27 emas

Baca juga: Tim putra Indonesia kalah 10-14 oleh Filipina dalam basket kursi roda APG 2022