Disdukcapil Bengkalis berikan pelayanan prima kepada masyarakat

id pemkab bengkalis,disdukcapil bengkalis,berita riau antara,berita riau terbaru

Disdukcapil Bengkalis berikan pelayanan prima kepada masyarakat

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso didampingi KAdisdukcapil ISmail ketika melakukan kunjungan ke UPT Dicsdukcapil KEcamatan Bathin Solapan.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkalis, Provinsi Riau, terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan waktu 15 menit Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang rusak atau pun hilang langsung dicetak tanpa menunggu waktu yang lama.

"Petugas berupaya memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, pelayanannya bersifat gratis, hanya butuh waktu 15 menit KTP masyarakat di KEcamatan Mandau yang rusak atau hilang dijamin 15 menit siap dicetak," ujar Kepala Disdukcapil Bengkalis Ismali ketika menerima kunjungan Wabup Bengkalis Bagus Santoso di UPT Disdukcapil Kecamatan Bathin Solapan Jumat (16/4).

Ismai menjelaskan kondisi kantor UPT status sewa dengan warga. Kendati demikian pelayanan bagi warga Kecamatan Bathin Solapan sudah maksimal, warga tidak repot untuk mengurus keperluan surat-surat kependudukannya ke Kantor Capil yang lama yang selama ini masih bergabung dengan Kantor Capil Mandau di Jalan Jenderal Sudirman.

"Disamping kantor masih sewa, sarana dan prasarana seperti meja, kursi, komputer juga sifatnya pinjam mandiri dan masing-masing pegawai membawa sendiri peralatan. Mohon izin pak Wabup semua peralatan ini milik pribadi pegawai kita, sebelum pemerintah menyediakan mereka ikhlas meminjamkan demi melayani masyarakat,“ kata Ismail.

Kendati demikian Ismail mengaku telah merencanakan pembangunan serta pengadaan barang pada tahun anggaran perubahan dan APBD tahun 2022.Setelah 3 Tahun, sejak dimekarkannya Kecamatan Bathin Solapan dari Kecamatan Mandau, pelayanan Administrasi Kependudukan mulai terpisah, dari sebelumnya masih menyatu dengan UPT Dinas Kependudukan Kecamatan Mandau. Berharap dengan terpisahnya kantor pelayanan ini, lebih mempercepat penerbitan dokumen Kependudukan.

UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Bathin Solapan, memiliki moto Dukcapil SIMPEL yakni Dukcapil memberikan Solusi, Inovasi, Mobile, Proaktif, Efisien dan Langsung.Pemohon dapat mendaftarkan permohonannya melalui 3 pilihan cara, yaitu melalui layanan Langsung ke loket pendaftaran dengan jumlah antrian maksimal 150/hari, dan hasil layanan dapat ditunggu dalam waktu 20 menit.

Apabila pemohon tidak bisa mendaftar secara langsung maupun secara daring, pendaftaran dapat melalui petugas registrasi desa yang ada di wilayah masing-masing Desa, yang nantinya Team Mobile Dukcapil akan menjemput berkas permohonan ke setiap Desa.

Wabup Bagus Santoso memberikan apresiasi yang sangat Tinggi kepada kinerja Kepala Dinas Pak Ismail dan jajarannya atas terobosan dan inovasi hebat dengan pelayanan prima di UPT Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kecamatan Bathin Solapan.

“Ini kerja hebat kantor sewa, komputer Pinjaman alat Pribadi pegawainya , kerja cerdas Ini model pelayanan gotong royong semoga menjadi amal saleh kita semua,” kata Wabup memuji kerja Dukcapil.

Atas nama Pemkab Wabup setuju untuk pendirian UPT Dukcapil disetiap kecamatan. Karena kata wabup kunci segala data untuk ekonomi, demokrasi, keamananan semuanya dari Dukcapil.

Baca juga: Bupati Bengkalis minta Dinsnakertrans utamakan naker lokal

Baca juga: 1.200 KTP elektronik warga Talang Muandau diterbitkan secara mobile

Baca juga: Gawat, kasus asusila anak marak di Duri
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar