Dandim 0314/Inhil ingatkan warga tak bakar lahan

id Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal,Inhil,tembilahan,Karhutla inhil, karhutla

Dandim 0314/Inhil ingatkan warga tak bakar lahan

Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal. (Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil mengingatkan agar warga tidak membakar lahan saat membuka maupun melakukan pembersihan lahan mengingat kondisi saat ini telah memasuki musim panas sehingga rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Saya selaku Dandim 0314/Inhil memberikan penekanan kepada Danramil, Babinsa di wilayahnya lakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk merubah pola fikir masyarakat agar membuka lahan dengan tidak dibakar," kata Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisaldi Tembilahan, Kamis.

Selain melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar pada saat melakukan pekerjaan di dalam hutan, untuk puntung rokok harus dimatikan dan tidak dibuang sembarangan yang dapat menimbulkan api dan terjadi kebakaran.

“Terkadang masyarakat saat melakukan pembukaan lahan ada yang merokok dan membuang puntung rokok asal-asalan saja, itu yang dikhawatirkan apa lagi kondisi tanah gambut mudah terbakar, jadi itu bisa terjadi menimbulkan kebakaran," ucapnya.

Dia juga mengatakan bahwa Babinsa di wilayah juga melakukan patroli siang dan malam bersama tiga pilar di desa yaitu kepala Desa dan aparat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas

"Mudah-mudahan dengan adanya langkah langkah pencegahan Dan Mitigasi ini tingkat kebakaran tahun 2021 dapat diminimalisir serendah mungkin. Saya berpesan kepada anggota di lapangan jalin sinergitas antara tiga pilar dan masyarakat peduli api yang ada di desa dan apabila timbul titik api segera dipadamkan saat itu juga dan yakinkan padam sehingga tidak meluas sampai besar," imbuhnya.

Ia juga mengharap kepada masyarakat di tingkat kecamatan, kelurahan, desa Kebakaran hutan ini tidak semata mata tugas pemerintah ataupun TNI dan Polri dan BPBD.

“Namun ini adalah tanggung jawab kita semua karena kelestarian alam ini untuk kita sendiri kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," pungkasnya.

Baca juga: Enam daerah di Riau sudah berstatus siaga darurat karhutla

Baca juga: Karhutla di ujung Kabupaten Siak, Tim Fire Fighter RAPP bantu padamkan