Pencari Kerja Dapat Pelatihan Gratis

id pencari kerja, dapat pelatihan gratis

Pencari Kerja Dapat Pelatihan Gratis

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan pelatihan gratis bagi pencari kerja yang mengikuti bursa tenaga kerja "Pekanbaru Job Expo 2012" di Pekanbaru, Riau.

"Panitia memberikan seminar gratis untuk pencari kerja mengenai tips dan tata cara mengikuti tes wawancara dan psikotes," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Pria Budi, di Pekanbaru, Selasa (17/4).

Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar "Pekanbaru Job Expo 2012" di Hotel Mutiara, Pekanbaru, yang berlangsung sejak tanggal 16-19 April. Bursa kerja kali ini merupakan yang ke-6 digelar Pemerintah Kota Pekanbaru sejak 2005.

Menurut dia, pelatihan bagi pencari kerja akan dibagi dalam dua sesi setiap hari penyelenggaraan acara tersebut.

"Pelatihan digelar setiap hari selama empat hari penyelenggaraan, dibagi dua sesi pada pagi dan siang hari," ujarnya.

Ia berharap pelatihan tersebut bisa membantu para peserta untuk mempersiapkan persyaratan dalam memperoleh pekerjaan. Sebab, ia mengakui selama ini tingkat kegagalan peserta pada acara tersebut cukup tinggi akibat kurang lengkap persyaratan dan persiapan.

Dampaknya bisa dilihat dari lima kali penyelenggaraan bursa kerja sejak tahun 2007, hanya sebanyak 5.687 tenaga kerja yang terserap. Dengan kata lain, hanya sekitar 55,28 persen dari lowongan kerja yang tersedia pada bursa kerja bisa terpenuhi dari puluhan ribu pencari kerja yang ada.

Pada penyelenggaraan tahun ini, "Pekanbaru Job Expo 2012" diikuti 68 perusahaan. Kesempatan berkarir yang tersedia sebanyak 10.098 lowongan kerja.

Perusahaan yang berpartisipasi merupakan perusahaan skala besar skala nasional, diantaranya seperti PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), Wilmar, IKPP, RAPP, RS Awal Bros, Bank Panin dan Bank Danamon.

Dari total lowongan kerja yang tersedia, sebanyak 3.198 lowongan kerja untuk dalam negeri. Sedangkan, lowongan kerja didominasi untuk penempatan di luar negeri yakni mencapai 6.900 lowongan kerja.