Ketua MPR: Optimalkan ekonomi digital agar UMKM bisa berkembang pesat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,MPR

Ketua MPR: Optimalkan ekonomi digital agar UMKM bisa berkembang pesat

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (ANTARA/HO-Humas MPR RI/am)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah agar dapat mempercepat dan mengoptimalkan sistem ekonomi digital di Indonesia agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan promosi produk mereka.

"Optimalisasi sistem ekonomi digital itu agar UMKM dapat meningkatkan promosi produknya sebagai upaya meningkatkan daya saing di tengah pandemi COVID-19," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Bambang Soesatyo juga meminta pemerintah mengikuti perkembangan pertumbuhan konsumen digital di Indonesia sebagai pangsa pasar UMKM.

Langkah itu, menurut dia, agar pihak-pihak yang melakukan perdagangan secara elektronik, khususnya UMKM, dapat semakin dikembangkan menuju ranah digital yang lebih kuat.

"Saya juga mendorong pemerintah mengupayakan agar pengguna internet di Indonesia dapat turut berperan membantu meningkatkan dan menggerakkan perekonomian digital," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Politisi Partai Golkar itu meminta pemerintah dapat memberikan arahan kepada pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan produk mereka di dunia digital sehingga produk yang dihasilkan dapat diketahui masyarakat secara lebih luas.

Pewarta: Imam Budilaksono