BMKG: Gelombang Selat Malaka 0,5-1,5meter

id bmkg gelombang, selat malaka 05-15meter

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Selat Malaka dan Riau pada Senin pagi hingga malam hari berkisar 0,5-1,5 meter.

"Ketinggian gelombang hingga pada batas maksimal 1,5 meter tersebut disebabkan tiupan angin yang di perairan mencapai rata-rata lima sampai 28 kilometer per jam," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru Warih Budi Lestari di Pekanbaru, Senin.

Pada umumnya, katanya, angin bertiup dari arah arah barat laut sampai dengan timur laut.

Saat cuaca buruk, kecepatan angin bisa bertambah hingga 30-50 kilometer per jam.

Prakiraan cuaca laut di perairan Selat Malaka dan sekitar Riau cenderung berawan dengan peluang hujan antara ringan hingga sedang terjadi malam hari.

Suhu udara minimal 24,0 derajat Celsius dan maksimal mencapai 34,0 derajat Celcius dengan kelembaban antara 55-98 persen.

"Sejauh ini untuk kondisi perairan Riau khususnya di sekitar Selat Malaka masih layak untuk aktivitas pelayaran. Hal ini disebabkan tinggi gelombang maksimum 1,5 meter masih normal," ujarnya.

Kendati demikian, katanya, para pengemudi kapal tradisional untuk tetap waspada ketika kondisi cuaca di perairan memburuk.

"Cuaca yang memburuk dapat menimbulkan tiupan angin yang lebih kencang sehingga memengaruhi tinggi gelombang di permukaan laut," demikian Warih Budi Lestari.