Pemkot alokasikan Rp6Miliar untuk Jamkesda

id pemkot alokasikan, rp6miliar untuk jamkesda

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, mengalokasikan dana Rp6 miliar untuk program Jaminan Kesehatan Daerah, masing-masing dari pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah provinsi Rp5 miliar dan Rp1 miliar dan APBD kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr H Dahril Darwis, di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, dana sebesar Rp6 miliar itu khusus untuk menyukseskan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tahun 2011.

"Penyalurannya direncanakan juga akan terus bergulir setiap tahun dan berkemungkinan akan semakin 'membengkak' mengingat tingginya warga kalangan tidak mampu di Pekanbaru," ujarnya.

Menurut Dahril, saat ini berbagai program kesehatan menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota termasuk Pekanbaru.

"Hal ini mengingat pentingnya kesehatan masyarakat yang diharapkan memberikan dampak positif terhadap daerah terutama dalam hal pembangunan segala sektor," katanya.

Sampai saat ini, kata Dahril, program Jamkesda telah berjalan optimal mengingat telah disalurkannya sebanyak 12 ribu kartu Jamkesda ke tengah kalangan masyarakat tidak mampu.

"Pembagian kartu Jamkesda dilakukan oleh masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di tiap kecamatan Kota Pekanbaru.

Bagi yang mendaftar atau tercatat sebagai warga kurang mampu, maka berhak atas kartu Jamkesda dan silahkan menjemputnya di pukesmas terdekat," kata Dahril.

Sementara bagi masyarakat yang telah mendapatkan kartu Jamkesda, demikian Dahril, maka akan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di puskesmas bahkan hingga menjalani perawatan di rumah sakit.

"Yang jelas, pada program ini diharapkan masyarakat kalangan tidak mampu dapat lebih sejahtera, hingga mampu bangkit untuk bersama pemerintah membangun negeri," kata Dahril Darwis.