Dana bagi hasil sawit dibahas di Pekanbaru

id plt gubernur aceh,nova iriansyah,banda aceh,kelapa sawit,riau,pekan baru,dana bagi hasil,provinsi penghasil sawit

Dana bagi hasil sawit dibahas di Pekanbaru

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menghadiri rapat koordinasi Pembahasan Usulan Pembagian Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit di Riau, Sabtu

Aceh Besar (ANTARA) - Saat ini Rapat Koordinasi Pembahasan Usulan Pembagian Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit bagi provinsi penghasil kelapa sawit yang berlangsung di Pekanbaru, Riau.

“Yang terpenting dari pertemuan ini adalah bagaimana kita menyusun narasi secara rinci terkait dengan penerimaan dana bagi hasil bagi provinsi/daerah penghasil kepala sawit ini, agar penerimaan ini adil dan berkesinambungan, yang kemudian hasil rumusan ini akan dibawa kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)," kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Pekanbaru, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menghadiri rapat koordinasi Pembahasan Usulan Pembagian Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit.

Ia menjelaskan pertemuan yang dihadiri para kepala daerah provinsi penghasil sawit tersebut juga menjadi bagian menyatukan persepsi untuk meminta pembagian hasil yang lebih besar ke Pemerintah Pusat.

Nova juga menyarankan agar kegiatan tersebut juga mengikutsertakan pihak-pihak yang serius memperjuangkan ketidakseimbangan pembagian keuangan dari pusat ke daerah seperti NGO, LSM, hingga Perguruan Tinggi untuk memperjuangkan DBH bagi provinsi penghasil kelapa sawit.

"Kita juga membuat rumusan bersama dengan sejumlah anggota DPR RI/DPD RI secara singkat dan substansial. Kita juga meminta waktu untuk bertemu dengan bapak Presiden guna memaparkan rumusan yang telah disepakati," katanya.