Melihat pembukaan Porkab Rohil I resmi dibuka

id Porkab,Porkab rohil, porkab rohil 2020

Melihat pembukaan Porkab Rohil I resmi dibuka

Pembukaan Porkab Rohil I tahun 2019 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Rohil, Jamiludin bersama Forkopimda dan pengurus KONI. (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, Jamiludin membuka secara resmi Pekan Olahraga Kabupaten atau Porkab Rohil I dan Special Olympics Indonesia (SoIna) tahun 2019, di Taman Budaya Batu Enam Bagansiapiapi pada Senin (16/12) sore.

Wabup Rohil, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rohil yang telah menggagas Porkab pertama ini. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua panitia pelaksana dan jajaran atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Hari ini Kabupaten Rohil mencetuskan gagasannya yang pertama kali yakni Porkab perdana, dan ini tentunya akan kita lakukan untuk seterusnya," kata Jamiludin.

Ketua Umum Panitia Besar Porkab Rohil I, Ferry H Paryamenyebutkan peserta Porkab terdiri dari 18 kecamatan se-Rohil. Jumlah peserta yang ikut dalam iven ini sebanyak 1933 orang dengan rincian 1573 atlit, 202 orang pelatih dan 158 ofisial.

Adapun cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sebanyak 15 cabor yakni atletik, billiard, bulu tangkis, bola volli, futsal, karate, pencak silat, panjat tebing, sepatu roda, sepakbola, tenis meja, renang, petanque, tarung derajat dan menembak.

"Jumlah medali yang diperebutkan emas sebanyak 123, perak 123 dan perunggu 138 karena ada juara III bersama. Bagi kecamatan dengan medali emas terbanyak akan mendapatkan predikat sebagai juara umum dan berhak membawa piala bergilir Bupati," kata Ferry.

Untuk lokasi venue cabor yang dipertandingkan umumnya tersebar di Bagansiapiapi. Kecuali renang di kolam renang Tanah Merah, Kecamatan Rimba Melintang dan panjat tebing di SMPS Yosef Arnoldi Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah.

Sementara Wakil Ketua II KONI Provinsi Riau, Zulkifli Indra yang turut hadir dalam kegiatan itu berharap agar dalam pelaksanaan Porkab ini bukanlah hanya Porkab pertama, tetapi akan ada Porkab ke-2 dan seterusnya.

Ia juga menyampaikan dalam pengelolaan kebangkitan cabang olahraga terdepan dipandang perlu kerjasama dan komitmen pemerintah kabupaten, DPRD dan KONI.

"Apabila ketiga unsur ini bersatu, maka kegiatan Porkab selanjutnya dan kegiatan-kegiatan cabang olahraga bersangkutan akan menjadi baik dan terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang," ujar Zulkifli.