DPRD Dumai Protes KLH Terkait Pertemuan

id dprd dumai, protes klh, terkait pertemuan

Dumai, 24/2 (ANTARA) - Sejumlah anggota DPRD Kota Dumai, Riau, memprotes Kantor Lingkungan Hidup dalam pertemuan yang dihadiri oleh 13 perusahaan yang berada di lingkungan PT Pelindo terkait undangan pertemuan dari KLH tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai Komisi Tiga, Azrizal, usai pertemuan tersebut kepada ANTARA,di Dumai, Kamis, mengatakan, apa yang dilakukan KLH terkait pertemuan itu sangat memalukan dan tidak profesional.

"Dalam pertemuan yang digelarnya, KLH tidak jelas terfokus kemana. Rencana ini tidak sesuai dengan apa yang tertulis dalam undangan. Di undangan dituliskan kalau acara ini untuk membahas masalah program pemerintah tentang 'Kamis Bersih' namun ketika memasuki acara, yang dibahas malah masalah pencemaran. Ini tentu aneh dan memalukan," kata dia.

Untuk lebih baikya, terang dia, pertemuah itu ditunda dan KLH sebaiknya mematangkan terlebih dahulu rencana pertemuan tersebut, apakah fokus ke program Kamis Bersih-nya pemerintah atau masalah pencemaran.

"Dangan alasan ini lah makanya kita memutuskan untuk tidak melanjutkan pertemuan, karena apa yang dibahas tidak jelas. KLH juga telah mempermalukan lembaga dan kita sangat menyayangkannya," kata dia.

Dalam pertemuan yang digelar di ruang rapat PT Pelindo Cabang Dumai pada Kamis sore itu, anggota DPRD hadir untuk dimintai pendapat tentang kasus dugaan pencemaran perairan yang dilakukan oleh 13 perusahaan yang beroperasi di wilayah Pelindo.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari sembilan perusahaan, semantara empat dari 13 perusahaan yang diundang KLH memilih untuk tidak hadir.

Selain itu, juga hadir sejumlah pejabat dari Pemerintah Kota Dumai, namun Walikota Dumai H Khairul Anwar yang juga sebagai pemilik "hajatan" memilih untuk tidak hadir.

KLH dalam suratnya yang disetujui atau ditandatangani oleh Wali Kota Khairul Anwar, tertanggal 22 Februari, mengundang para wakil rakyat dan sejumlah perusahaan berikut Pelindo adalah untuk membahas mengenai mekanisme pengelolaan lingkungan di kawasan PT Pelindo Cabang Dumai, namun tetap dalam rangka "Kamis Bersih".