Pemerintah Pusat Kucurkan Bantuan Untuk Infrastruktur Dumai

id pemerintah pusat, kucurkan bantuan, untuk infrastruktur dumai

Dumai, 4/1 (ANTARA) - Memasuki 2011 ini, Pemerintah Pusat akan mengucurkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp91,9 miliar khusus untuk membangun berbagai infrastruktur terutama jalan dan saluran air di Kota Dumai.

"Hal demikian sekaligus merupakan kabar gembira bagi masyarakat Dumai yang selama ini sangat mendambakan adanya perbaikan jalan dan drainase agar terbebas dari banjir," kata Kepala Dinas Pekerjaan umum Kota Dumai, Zulkifli Said, di Dumai, Senin.

Nantinya, terang dia, dana dekosentrasi APBN yang teralokasi khusus untuk pembangunan sejumlah fasilitas gedung dan jalan provinsi dan nasional sebesar Rp179 miliar juga siap menyusul.

"Saat ini untuk kesiapan dana tersebut, tinggal menunggu penandatangan nota kesepahaman antara wali kota dan Kementrian Keuangan. Sementara dana senilai Rp91,9 miliar itu sudah tinggal pengalokasiannya," paparnya.

Kadis mengungkapkan, rencana alokasi APBN tersebut sangat membantu pembangunan di Dumai khususnya pada sektor infrastruktur jalan yang selama ini masih terlihat sangat memprihatinkan.

"Untuk memperbaiki jalanan kota saja jika mengharapkan dana APBD tidak sanggup, karena APBD yang diterima sangat minim. Untuk itu, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya APBD Dumai dapat lebih ditingkatkan guna pembangunan Dumai lebih baik," terang dia.

Saat sekarang, paparnya, dengan kewenangan pada dinas yang khusus menangani pembangunan infrastruktur ini mencoba sumber pembiayaan alternatif lain yang bisa dijemput dan diusahakan sampai ke Dumai demi kepentingan peningkatan pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

Membangun infrastruktur Dumai, ucap dia, diupayakan tidak hanya berharap APBD murni, namun mencoba mencari sumber anggaran yang bisa dimanfaatkan membangun Dumai.

"Dana dekonsentrasi yang berhasil dibawa ke Dumai tersebut nantinya juga akan dipergunakan untuk pembangunan Gedung "Sport Center" yang diperkirakan menelan biaya Rp60 miliar, rumah ibadah di lima kecamatan se-kota Dumai, peningkatan jalan Soekarno-Hatta, depan Bandara Pinang Kampai sebesar Rp2,4 miliar. Selanjutnya, pembangunan batas kota Dumai-Simpang Terminal Rp30 miliar, batas Kota Dumai-Duri Rp44 miliar, dan batas Dumai, Simpang Batang-Simpang Kulim sebesar Rp13,4 miliar," urainya.

Dikatakan Zulkifli, untuk wilayah provinsi Riau, hanya Dumai yang menerima program bantuan dana dekonsentrasi ini.

Pada kesempatan sama, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Kota Dumai, Yusrizal, menambahkan, di tahun 2011 ini, pihaknya menargetkan pembangunan infrastruktur prioritas semenisasi dan pembangunan saluran air dan drainase yang menjadi penyebab utama banjir melanda pemukiman masyarakat dengan usulan anggaran sebesar Rp7 miliar.

"Sedangkan pembangunan fisik, kita hanya melaksanakan proyek lanjutan pembangunan gedung Dinas Kesehatan yang tinggal pengerjaan akhir," ringkasnya.