Pemerintah tunjuk Kampar pusat peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN)

id Pemrov Riau

Pemerintah tunjuk Kampar pusat peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN)

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, Donny Yoesgiantoro dan Anggota Komisioner KI Pusat saat diterima Gubernur Riau Syamsuar di kediaman Gubernur Riau, di Pekanbaru, Sabtu (1/4/2023). ANTARA/HO-Pemprov Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menyambut baik atas penunjukan Kabupaten Kampar oleh pemerintah sebagai pusat peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) yang akandigelar pada 4 Mei 2023.

"Oleh karena itu hari ini kamimenggelar pertemuan dalam rangka menyiapkan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau sebagai tuan rumah penyelenggara HKIN ini," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada perssaat menerima kunjungan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, Donny Yoesgiantoro dan Anggota Komisioner KI Pusat di kediaman Gubernur Riau, di Pekanbaru, Sabtu.

Gubernur Riau membahas sejumlah persiapan menjelang peringatan HKIN itu bersama Pemerintah Kabupaten Kampar dan Komisi Informasi Pusat Kabupaten Kampar.

Syamsuar menjelaskan dari hasil pertemuan tersebut rencananya KI Pusat akan mengundang Presiden RI untuk hadir pada acara puncak peringatan HAKIN di Kabupaten Kampar.

"Kalau mengundang Presiden Jokowi tentu kami harus mempersiapkan acara lain, selain acara yang telah ditetapkan dari pusat," katanya.

Ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riauyang telah memberi dukungan untuk melaksanakan peringatan hari HKIN pada 4 Mei 2023 di Kabupaten Kampar itu.

"Perlu ada persiapan yang akan kita lakukan minimal harus bisa terselenggara dengan baik. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas dukungannya," kata Donny.

Dalam rangkaian peringatan Hari Keterbukaan Informasi Publik (HAKIN) 2023, kata Donny, pihaknya sudah menggelar Anugerah Tinarbuka yang menjadi kegiatan pertama kali itu di Banten (27/3). Salah satu penilaian untuk monitoring pelaksanaan keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Tim penilai menguji terkait penyelenggara Pemilu, kepala dinas atau direktur SKPDprovinsi serta bupati dan wali kota," ujarnya.

Pelaksanaan Anugerah Tinarbuka 2023 akan dilaksanakan pada acara puncak peringatan HAKIN di Kampar Riau pada 4 Mei 2023.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah menyampaikan surat kepada Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, dan mendapatkan dukungan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Sestama Kementerian Sekretariat Negara untuk meminta kesediaan Bapak Presiden Joko Widodo untuk dapat menyerahkan Anugerah Tinarbuka ini," ujarDonny.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah tunjuk Kampar pusat peringatan keterbukaan informasi