Tim PPDP Data Pemilih Untuk Pemilukada Pekanbaru

id tim ppdp, data pemilih, untuk pemilukada pekanbaru

Pekanbaru,2/1(ANTARA)- Komisi Pemilihan Umum Daerah Pekanbaru telah menurunkan tim Petugas Pemuktahiran Data Pemilih atau PPDP untuk melakukan pendataan pemilih untuk menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah pada Mei 2011.

"Tim sudah diturunkan sejak tiga pekan yang lalu dan saat ini sedang melakukan pendataan di lapangan," kata Ketua KPUD Pekanbaru, Yusri Munaf di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan dalam melaksanakan tugasnya, tim PPDP dibantu oleh RT/RW untuk mempermudah pendataan. Menurut Yusri, hal ini dilakukan dikarenakan pihak RT/RW yang mengerti dengan masyarakatnya.

"Jumlah tim yang diturunkan yang sebanyak 1.259 sesuai dengan jumlah TPS yang akan digunakan untuk Pilkada mendatang," kata dia.

Sebagai acuan, lanjutnya, pihaknya juga telah memberikan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) yang diberikan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru.

"Namun DP4 ini belum sepenuhnya akurat. Oleh karena itu, pihak KPUD menurunkan tim untuk melakukan pendataan ulang," jelasnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan masih ada tenggat waktu selama 45 hari untuk melakukan verifikasi ulang terhadap DPS tersebut, baru kemudian ditetapkan menjadi DPT.

"Kemungkinan besar DPT akan disahkan pada awal Maret mendatang," tambah dia.

Pihaknya memperkirakan terdapat enam pasang calon wali kota dan wakil walikota yang akan bertarung pada pilkada tersebut. Selain itu, juga tidak menutup kemungkinan munculnya calon indipenden.