Garuda Akan Tambah Frekuensi Penerbangan Pekanbaru-Jakarta

id garuda akan, tambah frekuensi, penerbangan pekanbaru-jakarta

Garuda Akan Tambah Frekuensi Penerbangan Pekanbaru-Jakarta

Pekanbaru, 8/10 (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berencana menambah frekuensi penerbangan domestik yang melayani rute Pekanbaru-Jakarta terhitung sejak 18 Oktober 2010.

"Terhitung 18 Oktober mendatang, kita menambah satu flight (penerbangan) ke Jakarta dari yang ada pada saat ini," ujar General Manager Garuda Indonesia Pekanbaru, Muhammad Anshori, di Pekanbaru, Jumat.

Dengan penambahan itu, maka Garuda bakal menerbangi rute Pekanbaru-Jakarta sebanyak empat kali setiap hari menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 NG berkapasitas 162 kursi penumpang.

Menurut Anshori, Garuda telah melayani tiga kali melayani penerbangan reguler pada rute itu setiap hari masing-masing berangkat pukul 09.10 WIB, 13.10 WIB dan pukul 17.00 WIB dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Load factor" atau tingkat keterisian penumpang maskapai plat merah itu ketika terbang dari Pekanbaru menunjukkan tren positif dengan rata-rata 90 persen untuk setiap kali perjalanan.

Muhammad Anshori mengatakan, pihaknya tidak khawatir meski pada rute primadona itu terdapat empat pemain lain yakni Lion Air, Batavia Air, Mandala Airlines dan Sriwijaya Air.

"Walau ada pemain lain yang jadi kompetitor di rute Pekanbaru-Jakarta, tapi kami tidak mengkhawatirkan itu karena Garuda sudah punya pasar sendiri khususnya kalangan bisnis dan pemerintah," ujarnya.

General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II, Dedi Suryana, menyebutkan, setiap hari terdapat 13 frekuensi penerbangan yang melayani rute Pekanbaru-Jakarta oleh kelima maskapai nasional.

Selain Garuda dan Batavia Air sama-sama dengan frekuensi tiga kali setiap hari, diantaranya juga terdapat Lion Air dengan lima kali sehari, serta Mandala Airlines dan Sriwijaya Air masing-masing dengan frekuensi satu kali sehari.

Selain itu juga terdapat penerbangan reguler domestik dan internasional yang melayani rute Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Tanjung Pinang, Pekanbaru-Malaka, Pekanbaru-Subang dan Pekanbaru-Kuala Lumpur.

"Total frekuensi penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim II sedikitnya terdapat 23 kali penerbangan," jelasnya.