Yose Dicopot Dari Jabatan Wakil Ketua Baleg

id yose dicopot, dari jabatan, wakil ketua baleg

Pekanbaru, 28/9 (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru dari Fraksi Partai Golkar, Yose Saputra, dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi, sebagai sanksi atas perbuatannya menyerang rekannya, Kamaruzaman, awal Juni lalu.

Sanksi terhadap Yose itu diberikan dalam rapat paripurna pembacaan sanksi terhadap Yose yang dihadiri 32 anggota DPRD Pekanbaru, Selasa.

Selain pemberhentian dari wakil ketua Banleg, Yose juga diberikan peringatan tertulis dan menyampaikan permohonan maaf di sejumlah media kepada DPRD dan Muspida.

"Selain itu memberikan pernyataan tertulis di atas kertas di atas materei da berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama," ujar anggota Badan Kehormatan, Arbi, yang membacakan sanksi terhadap Yose.

Arbi mengatakan, keputusan yang diberikan sudah sesuai dengan keputusan yang ada. Menurut dia, jika memang ada jabatan pimpinan lain selain wakil Banleg, maka Yose juga akan dicopot.

"Sementara permasalahan lain di komisi akan kembali dibahas. Baru-baru ini juga, Yose juga melakukan pengancaman terhadap ketua komisi I," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Pekanabaru, Said Usman Abdullah mengatakan, sanksi yang diberikan sudah sesuai dengan perbuatan yang dilakukan, yakni menyerang anggota DPRD lainnya, Kamaruzaman, dengan menggunakan botol air mineral, pada awal Juni lalu.

"Pihak Badan Kehormatan juga tidak ingin, lembaga ini dianggap sebagai lembaga preman," tukas dia.