Bupati Siak Resmi Mengundurkan Diri

id syamsuar, siak,gubernur riau

Bupati Syamsuar berpose bersama sejumlah pejabat setempat usai resmi mengundurkan diri. (dok Antarariau/19)

Siak (Antaranews Riau) - Bupati Siak Syamsuar resmi menyampaikan pengumuman pengunduran dirinya pada sidang paripurna DPRD setempat jelang pelantikan dirinya sebagai Gubernur Riau terpilih yang rencananya dilakukan pada Februari ini.

"Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau direncanakan dalam Bulan Februari ini. Sehubungan dengan hal tersebut saya sampaikan pengunduran diri dan berhenti menjadi Bupati Siak masa jabatan 2016-2021," kata Syamsuar di Siak, Senin.

Secara struktural Syamsuar akan resmi tidak menjadi Bupati Siak lagi setelah pelantikannya sebagai Gubernur Riau. Untuk itu dirinya menyampaikan penghargaan kepada DPRD Riau terhadap apa yang telah dilalui sejak periode kepemimpinan pertamanya 2011 dan kedua di 2016.

Selama kepemimpinannya dia mengklaim Siak sudah menjelma menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera. Meskipun itu nisbi, tapi kata dia hal itu bisa dilihat dari beberapa capaian pembangunan.

Bupati Syamsuar berpose bersama sejumlah pejabat setempat usai resmi mengundurkan diri. (dok Antarariau/19)


Kabupaten Siak katanya sudah membuktikan kemajuan di semua bidang. Seperti dalam hal kemampuan pengelolaan keuangan Siak telah memperoleh opini wajar tanpa pengecualian tujuh kali berturut-turut sejak tahun 2011 sampai 2017. Hanya bisa disamai di Riau oleh Kabupaten Kuantan Singingi.

"Indeks Pembangunan Manusia 73,18, tertinggi untuk kabupaten di Riau. Kemisikinan 5,44 persen terendah nomor 3 di Riau dan pengangguran 4,13 persen, terendah kedua di bawah Inderagiri Hilir," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan menyampaikan bahwa paripurna pengumuman ini adalah menindaklanjuti dua hal. Pertama penetapan pasangan calon gubernur dan wagub Riau terpilih pada Pilkada 2018 lalu dan surat pengunduran diri Bupati Siak ke DPRD tanggal 21 Januari.

Baca juga: Saat pamitan, Syamsuar cerita kisah sukses PT BSP kelola minyak sendiri

Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih, Syamsuar saat meresmikan lapangan futsal yang dibangun dengan dana desa di Kampung Muara Kelantan, Siak, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)


Lebih lanjut dikatakannya dalam hal gubernur, bupati dan wali kota meninggal dunia, permintaan sendiri dan diberhentikan, maka wakil gubernur, bupati, dan wali kota menggantikan gubernur, bupati, dan wali kota. Oleh sebab itu pula pihaknya menyampaikan usulan pengangkatan pengesahan wakil bupati menjadi bupati.

"Kami usulkan Alfedri sebagai bupati definitif Siak sisa masa jabatan 2016-2021, begitu dilantiknya Gubernur Riau terpilih masa jabatan 2019-2024," ucapnya.

Baca juga: Bupati Syamsuar terkejut dengan majunya infrastruktur dan listrik di Kandis
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar