Bawaslu Rohil Ajak Masyarakat Awasi Proses Pemilu

id Bawaslu,Sosialisasi, Pemilu

Bawaslu Rohil Ajak Masyarakat Awasi Proses Pemilu

Bawaslu Rohil Ajak Masyarakat Awasi Proses Pemilu

Rokan Hilir (Antaranews Riau) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau mengajak masyarakat setempat berperan aktif dalam melakukan pengawasan Pemilu agar berjalan aman, damai dan tertib.

"Kita berharap kepada masyarakat Kabupaten Rohil agar dapat berperan aktif. Artinya dapat memantau juga, mengawasi seluruh tahapan-tahapan Pemilu 2019," ujar Ketua Bawaslu Rohil, Syahyuri.

Ia mengemukakan hal itu usai menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, di Hotel Grand Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Minggu (23/12) sore.

Turut hadir dalam kegiatan itu anggota Bawaslu Rohil Jaka Abdillah, Bimantara Prima Adi Cipta, Zubaidah dan Fahrurrozi.

Syahyuri mengatakan, jika terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta Pemilu atau penyelenggara Pemilu, agar dapat langsung berperan aktif melaporkan hal itu ke kantor Bawaslu setempat.

"Sejauh ini di Kabupaten Rohil pelanggaran-pelanggaran yang ada itu kebanyakan temuan dari Bawaslu, tidak ada laporan dari masyarakat. Nah, untuk itulah kita membuat acara ini dan kita berharap sekali kepada masyarakat khususnya ormas-ormas, tokoh-tokoh agama, LSM agar berperan aktif dalam pengawasan ini," tuturnya.

Menurut dia, tahapan-tahapan kampanye yang saat ini sedang berlangsung tentu rawan terjadi kecurangan, terutama peserta Pemilu melaksanakan kampanye. Kemudian peserta Pemilu membuat alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampaye tersebut.

"Nah, inilah peran serta dari masyarakat. Kita berharap kampanye ini, baik itu kampanye yang dilakukan oleh peserta Pemilu ataupun APK yang dipasang oleh peserta Pemilu dikontrol oleh masyarakat dan Bawaslu, agar sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," demikian Syahyuri.