Asian Agri Serahkan Penghargaan Untuk Desa Bebas Api

id asian agri, serahkan penghargaan, untuk desa, bebas api

Asian Agri Serahkan Penghargaan Untuk Desa Bebas Api

Pekanbaru (Antarariau.com) - Perusahaan kelapa sawit Asian Agri menyerahan penghargaan "Desa Bebas Api" kepada enam dari sembilan desa di Provinsi Riau, yang dinilai berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan diderahnya pada tahun 2017.

"Uang tunai sebesar Rp100 juta untuk desa yang berhasil terbebas dari kebakaran, serta Rp50 juta untuk desa yang mengalami kebakaran kurang dari satu hektare merupakan bentuk penghargaan yang akan diberikan oleh perusahaan untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan desa, secara khusus dalam usaha pencegahan kebakaran," kata Regional Head Asian Agri wilayah Riau, Omri Samosir, di Pekanbaru, Kamis.

Omri Samosir menjelaskan, lima desa di Riau yang berhasil mencegah kebakaran di desanya, dan satu desa mengalami kebakaran kurang dari satu hektar.

Ia mengatakan Asian Agri berkomitmen dalam mendukung usaha penciptaan Riau tanpa kabut asap yang selalu menjadi perhatian perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya. Program Desa Bebas Api merupakan perpanjangan dari komitmen perusahaan dalam pencegahan kebakaran.

Penghargaan dalam bentuk uang tunai senilai seratus juta rupiah diterima oleh Desa Lubuk Ogong, Desa Rantau Baru, Desa Sotol, Desa Lalang Kabung, Desa Delik sedangkan lima puluh juta rupiah diterima oleh Desa Tambak di Riau.

Secara total keseluruhan sebanyak 12 desa dari 16 desa binaan Asian Agri di Riau dan Jambi berhasil menerima penghargaan dari program Desa Bebas Api.

Program tersebut selama 2017/2018 mencatat keberhasilan dalam menurunkan angka luasan kebakaran dari tahun 2016 mencapai 398 hektare di 16 desa Bebas Api Asian Agri di Riau dan Jambi, menjadi 82 hektare di 2017.

"Terjadi penurunan luasan kebakaran mencapai sekitar 316 hektare," katanya.

Ia menambahkan, pada 2018 perusahaan akan merangkul 16 desa di Riau dan Jambi untuk program tersebut.

"Kami sadari usaha cegah kebakaran ini tidak bisa sendirian. Peran desa dibutuhkan untuk cegah kebakaran," ujarnya.

Ia menambahkan, Asian Agri juga berkomitmen mendukung pencegahan kebakaran khususnya selama ajang Asian Games yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus 2018.

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar