Puskesmas Jalur Mudik Riau Siaga 24 Jam

id puskesmas, jalur mudik, riau siaga, 24 jam

 Puskesmas Jalur Mudik Riau Siaga 24 Jam

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau menyiagakan semua Puskesmas di jalur mudik, yang akan tetap buka selama 24 jam, untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada perayaan Idul Fitri 1439 H.

"Kita sudah perintahkan untuk menyiapkan 106 puskesmas dan juga seluruh Rumah Sakit untuk siaga khususnya yang berada dijalur-jalur tujuan mudik," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, di Pekanbaru, Senin.

Program siaga tersebut mulai diberlakukan sejak H-7 sebelum Lebaran hingga H+7. Mimi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemantauan permata Puskesmas dijalur paling padat yakni dari Pekanbaru ke Kab Kampar, menuju Sumatera Barat. Selanjutnya Puskesmas di jalur lintas timur menghubungkan Riau ke Sumut, Riau ke Jambi, dan lintas tengah Riau ke Sumbar.

Mimi menyebutkan, pihaknya memantau ruangan UGD yang ada di Puskesmas. Begitu juga melihat kelengkapan tim medis. Termasuk diperiksa sejumlah obat-obatan.

Selain itu, lanjut Mimi, pihaknya juga telah menempatkan tenaga medis di Posko Operasi Ketupan Muara Takus. Di sana pihak dinas kesehatan menyediakan ambulans untuk membawa pasien bila terjadi kecelakaan.

"Selain Puskesmas dan RS, disetiap Posko Operasi Ketupat-Muara takus juga disiagakan ambulans dan tenaga kesehatan secara bershift selama 24 jam untuk antisipasi sekiranya ada kecelakaan lalu lintas yang terjadi sehingga korban mendapatkan pertolongan sesegera mungkin," katanya.

"Jadi tim medis kita tak hanya di Puskesmas dan rumah sakit umum yang siaga 24 jam. Tapi tenaga medis di posko lebaran juga kerja 24 jam, tentunya kita buat sistem shift," lanjut Mimi Nazir.

***4***

(T.F012)