Makin ramai, Pekanbaru gandeng koperasi kelola kawasan kuliner malam

id Kawasan kuliner malam, pemkot Pekanbaru, koperasi kelola kuliner

Makin ramai, Pekanbaru gandeng koperasi kelola kawasan kuliner malam

Kawasan Kuliner Malam di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru yang sedang ramai-ramainya dikunjungi warga. ANTARA/HO-Pemkot Pekanbaru

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru menggandeng koperasi dalam mengelola kawasan kuliner malam di Jalan Cut Nyak Dien karena keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran untuk memaksimalkan penataannya

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin mengatakan kerja sama dengan koperasi ini telah dimulai sejak awal pekan ini. Kerja sama ini berlangsung hingga Desember 2024.

"Kita kerja sama dengan koperasi yang mampu menetralisir kondisi di lapangan. Kita mau lokasi itu nyaman, jadi kita butuh koperasi yang bisa bergerak cepat menetralisir situasi seperti itu," kata Zulhelmi di Pekanbaru, Selasa kemarin.

Dia mengatakan, kerja sama ini disepakati Pemko setelah melakukan pertimbangan melihat SDM dan anggaran. Pasalnya ada 400 lebih pedagang yang harus ditata di kawasan sekitar Kantor Gubernur dan Pustaka Wilayah Riau tersebut.

Baca juga: Tak dapat pemasukan sama sekali, Disperindag Pekanbaru tata ulang PKL kuliner malam

"Pengelolaannya kita serahkan semua ke koperasi namun tentu kita akan evaluasi. Sementara retribusi tetap masuk ke pemerintah kota," katanya.

Pemko, lanjutnya, memungut dua macam retribusi di kawasan tersebut. Ada retribusi jasa usaha atau tempat yang dibebankan per meter ke pedagang setiap harinya dan ada retribusi sampah.

"Seluruh retribusi ini nanti masuk ke kas daerah, nanti kita buat non tunai atau transfer. Ada keberpihakan pemerintah terhadap pedagang, bapak walikota sudah sampaikan untuk memberikan insentif untuk membayar retribusi terhadap pedagang. Jadi total pembiayaannya jauh lebih murah dari pengelolaan sebelumnya," katanya.