Usai Fokus pada Nelayan dan Budidaya, Pemkab Rohil Galakkan Gemar Makan Ikan

id usai fokus, pada nelayan, dan budidaya, pemkab rohil, galakkan gemar, makan ikan

Usai Fokus pada Nelayan dan Budidaya, Pemkab Rohil Galakkan Gemar Makan Ikan

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau melalui Dinas Perikanan setempat terus berupaya mendorong masyarakat di daerah itu untuk semakin gemar dalam mengonsumsi ikan.

"Gemar makan ikan ini merupakan program Nasional yang sudah dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. Untuk di Rohil baru dilaksanakan tahun ini. Karena pada tahun-tahun sebelumnya kita fokus membantu nelayan dan pembudidaya ikan," kata Kepala Dinas Perikanan Rohil Muhammad Amin saat menggelar kegiatan gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Rohil, Kamis.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten maupun Kecamatan yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Terima kasih juga kepada para guru dan para siswa TK dan SD yang telah mengikuti acara kita ini," ucapnya.

Melalui kegiatan itu, ujar Amin diharapkan kepada masyarakat khususnya generasi muda agar gemar mengonsumsi ikan.

"Walaupun misalkan sebagian orang berkata sudah biasa makan ikan, tapi generasi saat ini terutama yang jauh dari daerah pesisir laut mungkin minat makan ikan itu sekarang sudah jauh berkurang. Makanya kita galakkan kembali bagaimana agar makan ikan ini menjadi kebiasaan bagi kita," tuturnya.

Mengenai lomba masak serba ikan yang dilaksanakan bertujuan agar ikan tersebut bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk.

"Selama ini kita paling mengenal ikan itu digoreng atau digulai saja. Nah, sekarang kan ada dibikin bakso ikan dan lain sebagainya. Dengan begitu akan menimbulkan selera orang. Kalau dia melihat ikan langsung mungkin dia tak begitu selera, tapi melihat tampilan atau menu yang berbeda tentu semangat mereka untuk makan ikan semakin meningkat," ujar Amin.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau yang diwakili Kabid Pegelolaan dan Pemasaran, Yon Azhari menyambut baik diselenggarakannya kegiatan gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Rohil.

Kegiatan ini, terangnya salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat agar lebih gemar makan ikan mulai sejak saat ini.

"Sebagai gambaran, tingkat konsumsi ikan Provinsi Riau tahun 2016 sebesar 40 kilogram per kapita pertahun, namun penyebaran angka konsumsi ikan masih belum merata. Oleh karena itu, upaya peningkatan konsumsi ikan harus memerlukan langkah atau suatu gerakan bersama yang bersinambungan," ujarnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Rohil Muzakkar, Ketua Tim Penggerak PKK Nur Ainun beserta pengurus.***1***