Dinas di Rohil Peragakan Cara Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

id dinas di, rohil peragakan, cara deteksi, dini kanker, serviks dan payudara

Dinas di Rohil Peragakan Cara Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DP2KBP3A Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi sekaligus mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan kanker serviks dan payudara.

Kepala DP2KBP3A Rohil Sri Rahayu usai sosialisasi di Aula Kantor DP2KBP3A setempat, Senin mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini 2018, juga sejalan dengan program Dinas Kesehatan dan program Pemberdayaan Perempuan, yakni mewujudkan perempuan yang sehat.

"Untuk pemeriksaan ini dilakukan dengan metoda iva test (inspeksi visual asam asetat), dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat tiga sampai dengan lima persen. Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin," jelas Sri Rahayu yang kala itu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Nur Ainun.

Kegiatan ini, ujar dia nantinya juga dilanjutkan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil. Sri berharap kepada seluruh PNS dan Honorer dilingkungan DP2KBP3A Rohil untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pencegahan secara dini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dahniar, juga menyampaikan bahwa program deteksi dini kanker serviks dan payudara dilaksanakan karena angka kematian dalam kasus tersebut terbesar di dunia.

"Makanya program Nasional yang dicanangkan oleh Ibu Presiden tersebut menginstruksikan seluruh ibu-ibu yang berada di kabupaten/kota untuk mempercepat deteksi dini dengan menggunakan metoda iva test yang mudah digunakan," kata Dahniar.***4***