HA IPB Pelalawan Jadi "Bapak Angkat" Gajah Sumatera

id ha ipb, pelalawan jadi, bapak angkat, gajah sumatera

HA IPB Pelalawan Jadi "Bapak Angkat" Gajah Sumatera

Pangkalan Kerinci, (Antarariau.com) - Himpunan Alumni (HA) Intitut Pertanian Bogor (IPB) Pelalawan mendukung dan menjadi bagian dalam gerakan peduli Gajah Sumatera dan ikut berpartisipasi serta berkontribusi untuk kelangsungan hidup gajah Sumatera agar tidak punah dan terus berkembang. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum DPC HA IPB Pelalawan Ir Terisman pada kegiatan Deklarasi Peduli Gajah Sumatera dan Penanaman Pohon yang mengangkat tema Lestarikan Hutan, Selamatkan Gajah,Minggu (5/2) di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim Minas, Kabupaten Siak.

Kegiatan ini, dikatakan Terisman bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Yuswiriati Moesa, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman, karyawan PT RAPP yang tergabung dalam HA IPB Pelalawan.

"Alumni yang tergabung dalam Himpunan Alumni akan berpartisipasi aktif seperti akan menjadi bapak angkat Gajah sebagaimana program yang dicanangkan BBKSDA serta juga akan melestarikan hutan di lingkungan konservasi maupun di wilayah lainnya," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, deklarasi ditandai dengan pernyataan komitmen, penandatanganan, penanaman pohon serta penetapan bapak angkat untuk 18 gajah yang ada. Nama Gajah yang menjadi anak angkat HA IPB adalah Vera, gajah betina untuk breeding yang umur 30 tahun.

PT RAPP yang diwakili Inra Gunawan yang juga alumni IPB menyatakan dukungan dan kepedulian untuk deklarasi selamatkan gajah Sumatera. Pada kesempatan itu perusahaan pulp dan kertas itu memberikan bantuan bibit pohon untuk penanaman. Selain itu juga kegiatan penandatanganan serta juga menjadi bapak angkat Gajah bernama Reno, kelompok gajah patroli.

Kegiatan Deklarasi Peduli Gajah Sumatera dan Penanaman Pohon ini dihadiri oleh sekitar 30 alumni HA IPB Pelalawan dengan sebagian membawa keluarga. Walaupun jarak lokasi kegiatan dari Kabupaten Pelalawan yang cukup jauh, tetapi para alumni tetap bersemangat dan antusias hadir di acara tersebut.

Setelah acara deklarasi, Kepala BBKSDA Riau Dr Mahfudz yang juga alumni IPB memberikan kesempatan kepada peserta dan keluarga untuk berfoto dengan gajah, naik gajah hingga melihat areal pengembangan dan tempat-tempat gajah yang ada. Acara yang berakhir pada pukul 11.00 WIB ini ditutup dengan foto bersama Alumni IPB Pelalawan dengan BBKSDA. Pada kesempatan berikutnya, HA IPB Pelalawan berencana akan melakukan penanaman pohon di Danau Tajwid Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan Pemda Pelalawan dalam rangka ikut menunjang Danau Tajwid sebagai area wisata dari aspek pengembangan dan pelestarian pohon dan tanaman.