Bupati Kampar: Kaum Perempuan Harus Mandiri

id bupati kampar, kaum perempuan, harus mandiri

Bupati Kampar: Kaum Perempuan Harus Mandiri

Siak Hulu (Antarariau.com)- Bupati Kampar H.Jefry Noer imbau agar kaum perempuan dapat lebih mandiri. Ditemui kamis (20/10), Jefry menjelaskan bahwa tantangan ekonomi global semakin dekat. Oleh karena itu ia berharap agar semua masyarakat Kampar dapat lebih kreatif serta menjadi pribadi yang tangguh.

"Rumah tangga ibarat kapal. Untuk mencapai tujuan bersama, dibutuhkan usaha bersama yang kompak," ungkapnya.

Terkait dengan hal tersebut, ia menjelaskan bahwa pihaknya mengembangkan suatu usaha peningkatan mutu serta keterampilan untuk kaum perempuan.

Pusat Kegiatan Belajar masyarakat (PKBM) insan mandiri adalah alternatif yang dinilai cocok untuk Diaplikasikan. PKBM Insan Mandiri merupakan suatu cara sederhana bagi perempuan untuk sekiranya menjadi kreatif dan menambah pendapatan keluarga.

Lebih jauh Bupati menjelaskan bahwa Dalam waktu 21 hari ke depan, diharapkan para peserta tersebut sudah dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka terima. Melalui kerja kelompok ataupun berbagai metode lainnya, para peserta PKBM nantinya dapat mengisi waktu luang untuk hal yang lebih bermanfaat.

"ini karena di PKBM, dibentuk pola kerja garmen artinya harus berkelompok, ada bagian membuat pola, tangan, badan dan lainnya," Terang Bupati.

Keberadaan alumni PKBM yang mencapai 1800 orang, tentu saja akan memudahkan peserta untuk nantinya menyalurkan hasil kreatifitas mereka. Sehingga ilmu ayg didapatkan dapat diterapkan dan tenu saja disalurkan.

"mereka membuat kelompok menjahit, jadi berapa orderan yang datang bisa tercapai target, seperti terjadis selama ini, sudah ada yang memperoleh penghasilan perbulannya 1,5 juta sampai 2 juta," terangnya kemudian.

Di sisi lain Bupati menjabarkan, selama ini Kampar masih harus menerapkan biaya yang cukup tinggi untuk keutuhan seragam sekolah. Hal ini lantaran seragam sekolah tersebut masih didatangkan dari luar daerah. Namun dengan adanya program tersebut diharapkan dapat mengurangi pengeluaran bagi orang tua karena harga jual lebih murah dan kualitasnya pun bersaing. (ADV)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016