ITK Riau Triwulan IV-2016 Menurun

id itk riau, triwulan iv-2016 menurun

ITK Riau Triwulan IV-2016 Menurun

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, nilai indek tendensi kosumen (ITK) Provinsi Riau pada triwulan IV-2016 diperkirakan sebesar 101,82 atau menurun dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 106,03.

"Prediksi pertumbuhan ITK Riau triwulan IV itu didukung oleh kedua indeks pendukungnya diantaranya yakni indeks pendapatan rumah tangga mendatang sebesar 101,54," kata Kepala BPS Riau Aden Gultom, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, ITK konsumen Riau pada triwulan IV-2016, berikutnya juga didukung oleh indeks rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi dan pesta atau hajatan sebesar 102,31.

Ia menyebutkan, kondisi ekonomi konsumen triwulan akan datang diperkirakan tetap sedikit optimis.

"Indeks tendensi konsumen adalah indikator perkembangan ekonomi konsumen terkini yang dihasilkan Badan Pusat Statistik setiap triwulan melalui Survei Tendensi Konsumen (STK)," katanya.

ITK, katanya merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan

perkiraan pada triwulan mendatang.

"Responden STK merupakan sub-sampel dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) khusus di daerah perkotaan. Pemilihan sampel dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu," katamya.