HUT Riau Ke-59, Pemprov Canangkan 20 Orang Pahlawan Daerah

id hut riau, ke-59 pemprov, canangkan 20, orang pahlawan daerah

HUT Riau Ke-59, Pemprov Canangkan 20 Orang Pahlawan Daerah

Pekanbaru (Antarariau.com)- Pemerintah Provinsi Riau menetapkan 20 nama pahlawan daerah yang diusulkan oleh dinas sosial setempat dan akan diumumkan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Riau pada Rabu, 9 Agustus 2016.

"Sebanyak 20 nama telah diajukan dan ditetapkan melalui SK Gubernur Riau. Insya Allah akan diumumkan penghargaannya sebagai penetapan kepada 20 pahlawan itu pada HUT Riau Rabu besok (9/8)," kata Kepala Dinsos Riau, Syarifuddin di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan penetapan 20 nama itu setelah dirampungkan oleh Tim Pengkaji Peneliti Gelar Daerah (TP2GD). Tim tersebut terdiri dari akademisi, birokrat, sejarawan, dan unsur terkait lainnya.

Nama-nama yang ditetapkan tersebut merupakan pahlawan perjuangan kemerdekaan, birokrat, budayawan hingga tokoh agama. Namun Syarifuddin belum mau mempublikasikan rincian semua 20 nama tersebut dan meminta untuk mendengarkan dari Gubernur Riau pada peringatan HUT besok.

"Kita belum bisa mengumumkan nama itu. Pada Hari H besok baru dipublikasi," ungkapnya.

Ketika didesak, dia mengatakan diantara nama itu ada dari tokoh pemerintahan seperti Gubernur Riau tahun 1970an yakni Arifin Achmad. Kemudian juga Tokoh dan Budayawan Melayu Riau yang meninggal beberapa tahun yang lalu, Tenas Effendy.

Selain itu juga masuk dua nama yang saat ini juga tengah diusulkan menjadi pahlawan nasional. Dua nama itu Mahmud Marzuki dari Kabupaten Kampar dan Sultan Narasinga II dari Kabupaten Indragiri Hulu, diusulkan kepada Kementrian Sosial RI.

"Itu masih dibahas tingkat nasional oleh dewan gelar karena ada syaratnya dokumen, saksi sejarah, dan lainnya," ujarnya.

Saat ini baru ada dua nama menjadi Pahlawan Nasional dari Riau yakni Tuanku Tambusai dam Suktan Syarif Kasim II. Dinsos menyatakan akan tetap memfasilitasi tim untuk mengkaji dan meneliti pahlawan Riau untuk nantinya diajukan ke tingkat nasional.