26 Kasus Kekerasan pada Perempuan dan Anak, Ini Instruksi Bupati

id 26 kasus, kekerasan pada, perempuan dan, anak ini, instruksi bupati

26 Kasus Kekerasan pada Perempuan dan Anak, Ini Instruksi Bupati

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menginstruksikan stakeholder terkait untuk menekankan kasus kekerasan perempuan dan anak yang dinilai semakin meningkat di daerah itu.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengatakan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis telah mencatat hingga Maret 2016 ini, tercatat sebanyak 28 kasus kekerasan perempuan dan anak dan ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Hal itu meningkat Drastis dibandingkan kasus pada tahun 2015 yang Seperti diketahui, kasus perempuan dan anak pada tahun 2015 lalu, yang ditangani sebanyak 42 kasus atau rata-rata 3,5 kasus per bulan,” kata Amril.

Sementara sampai maret 2016 ini, sudah ada 28 kasus. atau hanya dalam waktu tiga bulan, sudah mencapai 50 persen dibandingkan tahun 2015, yang rata-rata kurang lebih 9 kasus per bulan, atau meningkat sekitar 3 kali lipat dibanding rata-rata di tahun 2015.

“Kasus yang semakin meningkat drastis seperti ini harus menjadi perhatian dan keprihatinan serius kita bersama dan pihak terkait juga diminta segera menekankan agar kasus tersebut menurun,” ujarnya lagi.

Adapun kasus kekerasan yang ditangani tersebut diantaranya, kekerasan dalam rumah tangga, pencurian, kekerasan seksual, perebutan hak asuh, kekerasan terhadap siswa, kecelakaan lalu lintas, lesbian, kenakalan dan hak sekolah.

Untuk itu, stakeholder terkait diminta untuk berkomitmen tinggi dalam menekankan kasus terhadap perempuan dan anak tersebut.

Hal itu dikatakan Amril Mukminin usai membuka acara Harmonisasi dan Sinkronisasi Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Serta Penguatan Kelembagaan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kamis (7/4).

Pada acara pembukaan itu dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Mustafa, narasumber Asisten Deputi Perlindungan Perempuan Buddy Prabowo dan Sekretaris P2TP2A Riau, Puspita Juwita dan sejumlah pejabat SKPD di lingkup Pemkab Bengkalis.