Bupati Bengkalis Paparkan 3 Peran Strategis Perempuan Ikut Percepat Pembangunan

id bupati bengkalis, paparkan 3, peran strategis, perempuan ikut, percepat pembangunan

Bupati Bengkalis Paparkan 3 Peran Strategis Perempuan Ikut Percepat Pembangunan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Himpunan Perempuan atau dikenal dengan Himpunan Puan-puan yang ada di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, memiliki peran yang strategis guna mempercepat pembangunan di daerah Kabupaten berjuluk negeri junjungan tersebut.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyebutkan setidaknya ada tiga peran strategis yang dapat dijalankan kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi mempercepat keberhasilan pembangunan di daerah itu.

“Adapun ketiga peran itu, diantaranya pertama ambil bagian dalam merancang suatu model pembangunan daerah, yang digerakkan oleh suatu tata kelola pemerintahan yang baik dan adil gender,” kata Amril di Bengkalis, Rabu.

Menurut dia, kaum perempuan harus dapat mendorong berkembangnya pandangan dan ukuran-ukuran baru, sehingga kiprah kaum perempuan tetap dilihat dalam kacamata perempuan dan bukan kacamata yang bias gender.

“Selanjutnya, peran untuk ambil bagian dalam proses politik, khususnya proses pengambilan keputusan politik yang dapat berimplikasi pada kehidupan publik. Dalam hal ini, kaum perempuan di daerah ini harus membangun dan meningkatkan keberanian untuk memasuki ranah politik,” katanya.

Dijelaskannya, peran tersebut baik menjadi penggerak partai politik, masuk ke parlemen, atau berjuang melalui posisi politik lainnya. seperti sebagai kepala desa atau bahkan kepala daerah sebagaimana di daerah lain.

Sedangkan yang ketika, lanjutnya lagi, peran untuk ambil bagian dalam proses sosial-ekonomi dan produksi, serta proses kemasyarakatan yang luas.

"Kaum perempuan harus dapat menjadi penggerak kebangkitan perekonomian daerah yang lebih berkarakter, yakni perekonomian yang berbasis produksi, bukan konsumsi," ujarnya lagi.

Untuk itu, amril mengajak seluruh organisasi perempuan di Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, bersatu, bahu membahu serta menghilangkan sifat ekslusif organisasi, dapat memanfaatkan ruang yang ada dan telah terbuka untuk ambil bagian dalam pembangunan dengan sebaik-baiknya.

"Apalagi saat ini berbagai kebijakan pemerintah, termasuk Pemkab Bengkalis, terus memperlihatkan suatu kesadaran tentang kesetaraan dan keadilan gender sebagai salah satu upaya untuk mempercepat keberhasilan pembangunan tata kehidupan yang setara dan berkeadilan," katanya.

Amril optimis, jika seluruh organisasi perempuan di daerah itu mampu memberdayakan dan mengembangkan potensi anggotanya masing-masing sebagai subjek pembangunan, kemudian satu sama lain saling bersinergi, tata hidup yang setara dan berkeadilan dimaksud, akan dapat diraih dengan gemilang.